OKI Serukan Penghentian Kekerasan di Afghanistan

Jeddah, MINA – Sekretariat Jenderal Organisasi Kerjasama Islam () mengungkapkan keprihatinan mendalam tentang tingginya tingkat kekerasan di dan mengutuk keras serangan baru-baru ini terhadap warga sipil di seluruh wilayah di negara tersebut.

Pernyataan tersebut menegaskan kembali pendirian OKI yang berprinsip dan tegas terhadap segala bentuk dan manifestasi terorisme.

Sekjen OKI, Dr. Yousef A. Al-Othaimeen, dalam siaran pers yang dikutip MINA, Kamis (5/8), menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga para korban dan pemerintah serta rakyat Afghanistan, berharap para korban luka cepat sembuh.

OKI menyerukan segera gencatan senjata dan menegaskan kembali komitmen OKI dalam mendukung proses perdamaian dan rekonsiliasi inklusif yang dipimpin Afghanistan untuk mencapai solusi politik, serta memastikan bahwa proses tersebut didukung oleh aktor regional dan didukung masyarakat internasional.

Sekjen mengingatkan resolusi yang relevan di Afghanistan yang diadopsi oleh dan pertemuan Dewan Menteri Luar Negeri serta Deklarasi Makkah yang dikeluarkan pada 11 Juli 2018, oleh Konferensi Ulama Internasional tentang Perdamaian dan Stabilitas di Afghanistan.

Al-Othaimeen menegaskan kembali solidaritas OKI dengan rakyat Afghanistan dan dukungan untuk harapan dan harapan mereka untuk perdamaian, keamanan, stabilitas dan pembangunan.

Perundingan damai antara Pemerintah Afganistan dan negosiator dari Taliban sudah dimulai sejak akhir tahun lalu di Ibu Kota Qatar, Doha. Sayangnya pembicaraan itu belum mencetak kemajuan. Alhasil, banyak pihak memprediksi bakal timbul perang saudara di Afghanistan seperginya Amerika Serikat dari sana.(T/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.