Oman Selenggarakan Forum Ekonomi Hadapi Penurunan Harga Minyak

Muscat, 27 Syawwal 1437/1 Agustus 2016 (MINA) – Sebuah forum lokakarya khusus tentang krisis ekonomi menghadapi penurunan dunia berlangsung tiga hari di Salalah Crowne Plaza, , yang dimulai Sabtu (30/7).

Seperti dilaporkan Times of Oman, forum bertema “Manajemen Krisis Menghadapi Perubahan Ekonomi” membahas langkah-langkah untuk membatasi dampak dari krisis ekonomi saat ini yang diakibatkan dari penurunan harga minyak.

Forum yang diselenggarakan oleh Kantor Jasa Pelatihan Al-Morajea menghadirkan ahli-ahli ekonomi dari Kesultanan Oman dan Dewan Kerjasama Teluk, di samping beberapa akademisi dan perwakilan dari organisasi sektor publik dan swasta.

Ahmed bin Ufait Al-Ma’ashani, Pengawas Umum Forum, mengatakan pertemuan bertujuan untuk membahas krisis ekonomi yang diakibatkan dari penurunan harga minyak.

Dr Saleh Al-Thalib, seorang ahli saham di Muscat Market Securities (MSM), menyampaikan implikasi dari krisis ekonomi dunia dan tingginya risiko itu untuk ekonomi global.

Dia menambahkan bahwa krisis keuangan dapat berubah menjadi krisis ekonomi, sosial dan politik, jika tidak ditangani dengan benar.

Diskusi panel pertama pada “Krisis, Konsep dan Alasan,” menghadirkan pembicara Dr. Waheed Al-Balushi (Penasihat untuk Proyek Excellence), Dr Saleh bin Said Masan (Ketua Komite Ekonomi Majlis Al-Syura), Salem bin Said Al-Ghatami (Mantan Ketua Kamar Dagang dan Industri Oman – OCCI) dan Dr Saleh Al-Thalib (Muscat Market Securities).

Sesi terakhir dari forum membahas krisis kepemimpinan dan strategi untuk mengatasinya. (T/P4/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)