OPOSISI HOUTHI YAMAN SERANG KANTOR PARTAI SAINGANNYA

HOUTHI
Kelompok oposisi Houthi di Yaman (Foto: AP)
Kelompok oposisi di Yaman (Foto: AP)

Ibb, Yaman, 9 Muharram 1436/2 November 2014 (MINA) – Oposisi Houthi Yaman melancarkan serangan mematikan pada salah satu markas rival politik terbesarnya di provinsi Ibb, Sabtu (1/11), yang menewaskan empat penjaga.

Oposisi Syiah itu dilaporkan menahan 25 pendukung partai Islam Islah setelah mengepung bangunan, tidak mengindahkan seruan mediator agar menghentikan pertempuran, Al Jazeera yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan.

Houthi juga meledakkan sebuah apotek terdekat milik Partai Islah, memaksa ratusan orang meninggalkan daerah itu, kata para pejabat yang identitasnya dirahasiakan.

Kelompok oposisi telah memenangkan serangkaian penyerangan di medan perang di seluruh negeri dan melihat Islah, partai Sunni terbesar Yaman, sebagai ancaman bagi kepentingan mereka.

Houthi menguasai kota Ibb bulan lalu setelah dengan mudah menduduki Sanaa pada September dalam serangan kejutan, mereka juga menguasai kota pelabuhan Laut Merah Hodeidah.

Oposisi yang berasal dari dataran tinggi utara merupakan bagian dari komunitas Zaidi, mereka mampu memperluas sebagaian besar wilayahnya dan tidak terkalahkan oleh pasukan pemerintah. Satu-satunya perlawanan nyata diberikan dari suku-suku Sunni yang didukung oleh al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP). (T/P001/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0