Optimalkan Penghimpunan, BAZNAS Gelar Pelatihan Fundraising Ramadhan

Anggota , Emmy Hamidiyah, dalam Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Fundraising Batch 2 bertema “Sukses Fundraising Ramadhan 1439 H/2018 M”, di Jakarta, Rabu (11/4). (Foto: Ist.)

Jakarta, MINA – Dalam rangka mengoptimalkan pencapaian penghimpunan zakat, infak dan sedekah () pada bulan Ramadhan, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggelar pelatihan fundraising.

“Ini sesuai Rencana Strategis Pengelolan Zakat Nasional 2016-2020 dan Indikator Kinerja Kunci (IKK) Tahun 2018 yang menyebutkan bahwa target pengumpulan BAZNAS dan LAZ secara nasional sebesar 8 triliun rupiah. Kita menggelar pelatihan untuk angkatan kedua untuk BAZNAS daerah se-Indonesia,” ujar anggota BAZNAS, Emmy Hamidiyah pada pembukaan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Fundraising Ramadhan Batch 2.

Sebagaimana keterangan tertulis yang diterima MINA, acara tersebut bertema “Sukses Fundraising Ramadhan 1439 H/2018 M”, diselenggarakan di Jakarta, Rabu (11/4) Turut hadir sebagai pemateri utama, Deputi BAZNAS, M. Arifin Purwakananta.

Emmy yang merupakan anggota BAZNAS untuk supervisi Lemdiklat dan LSP menyampaikan materi pertama tentang Sistem Pengelolaan Zakat Nasional (SPZN). Materi ini wajib diketahui para pengelola zakat agar memahami konstitusi dan mekanisne perzakatan di Indonesia.

Emmy menyebutkan, tren pengumpulan ZIS oleh BAZNAS dan lembaga amil zakat (LAZ) selalu mengalami lonjakan pada setiap Ramadhan.

“Ini karena perilaku sebagian besar masyarakat Indonesia yang masih gemar berzakat pada bulan suci Ramadhan. Karena itu, perlu pelayanan ZIS yang lebih optimal kepada publik pada bulan Ramadhan,” ujar Emmy.

Dia menambahkan, output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah, seluruh BAZNAS provinsi, BAZNAS kabupaten/kota dapat membuat rencana aksi fundraising zakat Ramadhan.

“Selain itu, seluruh BAZNAS provinsi, BAZNAS kabupaten/kota, dapat menyampaikan pesan zakat yang sama dengan audiens yang terukur, menghimpun dana ZIS dengan ‘kekuatan’ yang relatif sama dan memiliki tim pengumpulan ZIS yang kompeten,” ucap dia.

Emmy menjelaskan, mempertimbangkan jumlah peserta pelatihan yang banyak dan cakupan area BAZNAS seluruh Indonesia yang luas, maka pelatihan fundraising Ramadhan diselenggarakan dalam 3 batch atau lebih.

Pelatihan ini ditargetkan bisa memperoleh dampak positif berupa, BAZNAS provinsi, BAZNAS kabupaten/kota bisa mencapai target pengumpulan ZIS pada 2018, terutama pada bulan Ramadhan.(R/R04/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.