Otoritas Islam Sudan Keluarkan Fatwa Larangan Normalisasi dengan Israel

Khartoum, MINA – Otoritas Islam pada Jumat (2/10) mengeluarkan fatwa larangan melakukan normalisasi hubungan  dengan Israel.

Media lokal melaporkan, Fatwa itu dikeluarkan di tengah laporan  kedua negara akan menandatangani perjanjian untuk menjalin hubungan normal, menurut sumber resmi. MEMO melaporkan.

Bulan lalu, Menteri Luar Negeri Sudan yang ditunjuk, Omar Qamar Al-Din, mengatakan, Pemerintah AS telah berjanji untuk mempelajari kemungkinan mengeluarkan Sudan dari daftar “negara yang mensponsori terorisme”, jika Khartoum menjalin hubungan dengan Israel.

“Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo telah mengunjungi ibu kota Sudan, Khartoum dan mengajukan dua file, yang pertama adalah normalisasi antara Sudan dan Israel, dan yang kedua adalah menghapus Sudan dari daftar negara yang mensponsori terorisme,” katanya.

Sejak penggulingan mantan Presiden Sudan Omar Al-Bashir pada April 2019, isyu pemulihan hubungan antara Khartoum dan Washington bergulir semakin cepat.

AS menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap Sudan sejak tahun 1997 dan telah mendaftarkannya sebagai salah satu negara yang mensponsori terorisme sejak 1993. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.