Pakar Australia : Negara-Negara Diam Soal Uyghur Karena Pengaruh Ekonomi Cina


Canberra, MINA – Prof Dr Michael Clarke, pakar kebijakan dari Universitas Nasional Australia, mengatakan kepada ABC bahwa pengaruh kekuatan ekonomi Cina membuat negara-negara berdiam diri  menanggapi persoalan warga Muslim .

Clarke juga menyebut termasuk negara-negara berpenduduk Muslim khawatir akan pembalasan diplomatik dan ekonomi dari Tiongkok, ujarnya, seperti disebutkan ABC Net, Sabtu (22/12).

“Anda sedang berurusan dengan salah satu negara paling kuat di dunia,” kata Clarke.

“Pada akhirnya ini adalah situasi yang sangat disayangkan oleh orang-orang Uyghur saat menemukan diri mereka,” ujarnya.

Sebaliknya, negara-negara termasuk Australia dan Amerika Serikat secara terbuka mengecam tindakan Beijing di wilayah tersebut.

Menurutnya, selama ini Beijing telah menahan diri dari campur tangan dalam masalah domestik negara lain.

Sementara, tindakan keras terhadap Uyghur tidak menghalangi turis Muslim yang berkunjung ke Cina.

Prof Clarke menambahkan, ekonomi Cina 180 kali lebih besar dari pada negara seperti Myanmar, membuat negara itu menjadi target kritik yang jauh lebih aman.

“Di Myanmar, Anda berhadapan dengan negara regional yang jauh lebih lemah yang jauh lebih terbuka terhadap tekanan dan kritik internasional,” katanya.

Investasi dan kontrak Cina di Timur Tengah dan Afrika Utara dari 2005 hingga tahun ini pun cukup besar, berjumlah $ 144,8 miliar (sekitar Rp2.107 triliyun).

Di Malaysia dan Indonesia, $ 121,6 miliar (Rp1.769 triliyun) dibandingkan periode yang sama, menurut lembaga think tank American Enterprise Institute.

Beijing juga telah banyak berinvestasi dalam industri minyak dan gas milik negara di Arab Saudi dan Irak, serta menjanjikan investasi berkelanjutan di seluruh Asia, Afrika, dan Timur Tengah dalam inisiatif Belt and Road-nya.

Para pelancong Muslim menghabiskan lebih dari $ 11,3 miliar (Rp164 triliyun) di Cina tahun ini.

Angka tersebut diperkirakan akan meningkat $ 1,4 miliar per tahun, menurut laporan terbaru dari perusahaan riset pasar Salam Standard.

Non-Intervensi Beijing 

Prof Clarke menambahkan, kebijakan “non-intervensi” Beijing, di mana Cina menghindari keterlibatan dalam urusan dalam negeri negara-negara lain, telah lama menjadi bagian penting dari agenda kebijakan luar negerinya.

Cina sejauh ini telah berulang kali menjauhkan diri dari suara atau menggunakan kekuatan veto dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB tentang banyak intervensi internasional, seperti usulan sanksi di Suriah dan di Myanmar.

“Banyak negara memiliki masalah internal mereka sendiri apakah agama atau etnis minoritas. Jadi mereka menghindari untuk mengkritik Beijing karena mereka memiliki masalah mereka sendiri untuk ditangani,” lanjut Clarke.

Namun kasus ini telah membuat Turki berbicara menentang langkah Cina di Xinjiang.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menggambarkan peristiwa di provinsi bergolak itu sebagai “semacam genosida”.

Turki juga menyediakan suaka bagi warga Uyghur yang melarikan diri dari wilayah itu.

Akan tetapi Beijing telah memberikan tawaran dukungan selama krisis ekonomi tahun ini di Turki, dengan ketentuan bahwa Ankara tidak mengeluarkan “komentar tidak bertanggung jawab” terkait dengan Uyghur atau kebijakan etnis di Xinjiang, lanjutnya.

“Sayangnya, itu semua bermuara pada perhitungan apakah itu bermanfaat hubungan kita dengan orang lain secara lebih luas,” imbuhnya. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.