PAKAR BISNIS : RUBAH MENTAL KONSUMTIF MENJADI PRODUKTIF

Ruswan Syukur, Direktur Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (PINBUK) Indonesia Perwakilan Lampung. (Foto : Hadis MINA)
Ruswan Syukur, Direktur Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (PINBUK) Indonesia Perwakilan Lampung. (Foto : Hadis MINA)

Bandar Lampung, 10 Safar 1436/3 Desember 2014 (MINA) – Masyarakat Indonesia harus merubah mental konsumtif kepada mental produktif. Demikian disampaikan Ruswan Syukur, Direktur Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (PINBUK) Indonesia Perwakilan Lampung saat ditemui Mi’raj Islamic News Agency (MINA) di Lampung, Rabu, (3/12).

“Menghadapi MEA (Masyarakat -red) langkah awal kita adalah merubah mental konsumtif menjadi mental produktif, “ kata Ruswan.

Menurutnya, merubah mindset menjadi produktif ini diperlukan perhatian pemerintah untuk menggulirkan program pelatihan, pendidikan, serta memberikan kesempatan kepada UKM untuk berkembang.

”Bagaimana mendidik mereka menjadi wirausahawan yang tangguh dan siap menghadapi MEA. Bisa melalui pendidikan formal maupun non formal, “ ujarnya.
Namun, dia berharap pemerintah tidak hanya menyebarkan slogan-slogan untuk kepentingan politik semata, tapi betul-betul dilaksanakan teknisnya.

“Jangan sampai hanya slogan untuk kepentingan politik saja, merevolusi mental masyarakat, tapi betul-betul dilaksanakan teknisnya, “ tegas Ruswan yang juga Konsultan Pengembangan Kewirausahawan ini.

“Kalau tidak, kita akan menjadi makanan empuk oleh produk-produk dari luar indonesia. Dan kita hanya menjadi konsumen, pasar bagi negara Asean lain yang sudah sangat siap menghadapi MEA, “ tambahnya.(L/K08/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0