Pakar HAM Kecam “Kelumpuhan” PBB Atas Kasus Pembunuhan Khashoggi

Agnes Callamard, pelapor khusus PBB untuk eksekusi di luar pengadilan. (Foto: UN News)

Jenewa, Swiss – mengecam “kelumpuhan” PBB karena mencegah pertanggungjawaban atas pembunuhan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi dan menyebut Sekretaris Jenderal Antonio Guterres gagal bertindak.

Dalam sebuah pernyataan keras pada Rabu (26/6), , pelapor khusus PBB untuk eksekusi di luar pengadilan, mengatakan, pembiaran dan mengabaikan kasus pembunuhan itu akan berakibat pada menurunnya kebebasan berbicara.

“Saatnya bertindak sekarang,” katanya, mengulangi permohonannya untuk penyelidikan kriminal internasional, demikian Al Jazeera melaporkan.

Callamard mengkritik PBB ketika menyampaikan laporannya tentang pembunuhan Khashoggi kepada Dewan Hak Asasi Manusia di Jenewa.

Ketika berbicara kepada media pada Selasa, dia menyatakan kekesalannya di PBB.

“Ada peran PBB untuk menyelidiki hal ini. Keheningan badan antarpemerintah ini dan kurangnya langkah-langkah merupakan kerugian bagi PBB dan dunia,” katanya.

Sekjen PBB Guterres memberikan tanggapan dingin terhadap permohonan Callamard.

“Satu-satunya cara untuk secara efektif mendesak penyelidikan semacam itu adalah melalui resolusi Dewan Keamanan di bawah langkah-langkah yang tepat,” kata Juru Bicara Guterres Stephane Dujarric pada Selasa.

Ia menambahkan bahwa Sekjen “tidak bersembunyi di balik protokol apa pun.”

Callamard pada Rabu mengatakan kepada wartawan bahwa dia “kecewa” dengan tanggapan bahwa penyelidikan kasus itu harus disyaratkan adanya permintaan resmi negara-negara Dewan Keamanan PBB.

Callamard adalah pakar independen yang tidak berbicara untuk PBB, tetapi melaporkan temuannya ke sana. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.