PAKISTAN TEGASKAN DUKUNGAN UNTUK PALESTINA DI KAA

Logo Peringatan Konferensi Assia-Afrika ke-60. (Sumber: InfoBandung)
Logo Peringatan Konferensi Assia-Afrika ke-60. (Sumber: InfoBandung)

Jakarta, 3 Jumadil Akhir 1436/23 Maret 2015 (MINA) – sebagai salah satu negara pendiri Konferensi Asia Afrika () akan terus mendukung perjuangan kemerdekaan  , kata Duta Besar Pakistan untuk , Syed Zahid Raza.

“Kami konsisten dengan perdamaian dan dukungan untuk kemerdekaan Palestina sejak dulu,” katanya kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Ahad.

Konferensi Asia Afrika dalam rangka HUT ke-60 yang akan digelar di Indonesia April mendatang, akan menghasilkan tiga dokumen utama, salah satunya Deklarasi Palestina, kata Direktur Kerjasama Intrakawasan Asia Pasifik dan Afrika Kemlu Ben Scott Carnadi baru-baru ini.

Saat ini, rancangan deklarasi itu sedang dibahas wakil-wakil negara Asia Afrika yang bertugas di Markas Besar PBB di New York untuk mendapat masukan dan saran.

Menurut laporan Kemenlu, rancangan deklarasi tersebut  masih dalam pembahasan, menyusul tidak semua negara setuju dengan solusi-solusi yang sampai saat ini ditawarkan untuk menyelesaikan konflik berkepanjangan.

Dia menuturkan, dokumen pertama akan menghasilkan Bandung Message. Kemudian dokumen kedua tentang penguatan atas kemitraan strategis baru Asia Afrika dan dokumen ketiga, Deklarasi Palestina.

Pakistan menurutnya memiliki peran besar dalam membantu perjuangan kemerdekaan Palestina, salah satunya solusi dua negara  yang selalu didukung negara Islam itu.

Untuk mendukung upaya itu, Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif dan Menteri Luar Negeri Sartaj Aziz memastikan akan hadir di peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika (KAA) di Jakarta dan Bandung April mendatang.

Konfirmasi ini diberikan Perdana Menteri Pakistan kepada Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia A.M Fachir yang menyampaikan undangan resmi di kediaman PM Pakistan pada 9 Maret 2015 yang lalu. (L/R04/P007/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Comments: 0