Pakistan: Usaha Adakan Pembicaraan Damai Teheran dan Riyadh, “Menggembirakan”

Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mehmood Qureshi. (Foto: dok. Nahar Net)

Islamabad, MINA – Shah Mehmood Qureshi mengatakan, usaha mengadakan pembicaraan damai yang dilakukan Perdana Menteri Imran Khan dengan Teheran dan Riyadh, “menggembirakan”,  sebagai hasil kunjungan Khan ke kedua negara itu, yang mencoba meredakan ketegangan di Teluk.

Khan melakukan perjalanan ke Iran dan Arab Saudi sebagai “fasilitator”, menyusul serangkaian serangan terhadap infrastruktur minyak dan tanker dalam beberapa bulan terakhir yang telah menimbulkan kekhawatiran terjadinya perang.

“Pembicaraan kami sangat menggembirakan dan respon yang kami dapatkan di kedua negara melampaui harapan kami,” kata Qureshi pada konferensi pers di Islamabad setelah kunjungan Khan ke Riyadh, demikian Nahar Net melaporkan, Rabu (16/10).

“Kepemimpinan Iran mengatakan kepada kami bahwa mereka tidak ingin eskalasi dan ingin menyelesaikan masalah dengan damai,” katanya.

Awal pekan ini Khan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Iran Hassan Rouhani di istana presiden dan kemudian bertemu dengan pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.

Pada hari Selasa, Khan pergi ke Riyadh dan bertemu Raja Salman bin Abdulaziz dan Putra Mahkota Mohammad bin Salman. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.