Pangeran Mahkota Arab Saudi di Pakistan

Islamabad, MINA – Perdana Menteri Imran Khan menyambut kedatangan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman, Ahad (17/2), di ibu kota Islamabad, untuk kunjungan dua hari.

Kunjungan itu terjadi ketika Riyadh berusaha untuk memperkuat aliansinya dengan sekutu-sekutu  timurnya setelah pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi, sementara Pakistan membutuhkan kerjasama ekonomi, demikian The New Arab melaporkan yang dikutip MINA.

Kunjungan  ke Pakistan itu dilakukan ketika pangeran mahkota berupaya membentuk kembali citranya, menyusul kritik besar-besaran di media barat atas pembunuhan Khashoggi  yang diduga atas perintahnya dan kritik atas peranan Saudi dan koalisinya dalam perang di Yaman.

Pangeran Mohammed akan menandatangani kesepakatan investasi bernilai miliaran dolar, yang diharapkan akan menjaga Pakistan bertahan secara finansial sampai negara itu menerima dana talangan IMF.

Perdana Menteri Pakistan membawa putra mahkota untuk menginap di kediaman resminya , menurut surat kabar Dawn.

Ibukota Pakistan telah dihiasi dengan warna bendera Saudi dan gambar putra mahkota dan ayahnya, Raja Salman, yang melakukan kunjungan kenegaraan ke Pakistan tahun 2015.

Kunjungan Putra Mahkota juga dikritik karena sifatnya yang mewah, padahal Pakistan sedang mengalami krisis keuangan. (T/Gun/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)