Palestina Apresiasi Program Ramadhan AWG di Gaza dan Al-Aqsha

Jakarta, MINA – Pemerintah dan rakyat memberikan respon positif terkait program “Ramadhan Projects 2019” yang digelar Lembaga kemanusiaan berpusat di Indonesia Al-Aqsa Working Group (AWG) bekerjasama dengan LSM PWH (Palestine Welfare House).

Program ini dilaksanakan mulai dari menyalurkan bantuan kemanusiaan berupa pembagian paket sembako untuk warga tidak mampu di hingga membagikan paket Iftar (berbuka puasa) bagi Jamaah Masjid di Palestina.

Pembina Utama AWG Imaamul Muslimin Yakhsyallah Mansur mengatakan, “Alhamdulillahirabbil Alamin, akhirnya kita dapat mengirimkan bantuan ke Masjid Al-Aqsha. Semoga ini termasuk dalam Hadits yang diriwayatkan Imam Ahmad, di mana kalau tidak dapat shalat di sana kirimkan minyak Zaitun untuk menyalakan lampunya.”

“…Maka kirimkanlah hadiah berupa minyak penerang untuknya, sebab sesungguhnya ganjaran yang memberikan hadiah kepadanya sama dengan shalat di dalamnya.” (HR. Ahmad)

Sekretaris Kedutaan Besar Palestina di Jakarta, Taher Hamad mengatakan atas nama pemerintah Palestina mengucapkan berterima kasih atas program tersebut.

“Kami mendoakan keberkahan buat AWG dan semua donatur yang telah memberikan donasinya,” ujar Hamad sebagaimana keterangannya yang diterima MINA, Senin (3/6).

Ketua PWH Syaikh Jomah An-Najar, menyatakan, masyarakat di sana merasa senang atas bantuan yang diterimanya.

“Warga (Palestina) sangat senang dan berterima kasih kepada AWG dan masyarakat Indonesia karena mendukung perjuangan Palestina dan Masjid Al-Aqsa,” kata Syaikh Jomah.

Ketua Umum AWG Agus Sudarmaji menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh donatur yang telah memberikan bantuan dana serta kontribusinya, sehingga Ramadhan Project 2019 ini bisa terselenggara dengan baik.

“Semoga ini menjadi amal jariyah untuk semua yang telah melakukan kebaikan tersebut,” ujarnya.

Sebanyak 250 paket Iftar (berbuka puasa) yang diberikan di akhir Ramadhan kepada bagi jamaah di Masjid Al-Aqsha, Kota Al-Quds (Yerusalem) Palestina.

Pembagian paket Iftar bekerjasama dengan PWH digelar pada 27 Ramadhan 1440H, Sabtu (1/6), terdiri dari kurma, roti, ayam, kentang serta beberapa makanan lainnya dan jus.

Program Ramadhan Project 2019 yang digelar AWG bekerjasama dengan salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Palestuina terpercaya dan sudah bekerjasama sejak lama ini merupakan program rutin setiap tahun. Program ini sebagai komitmen AWG menjadi wadah kesatuan Muslimin memperjuangkan kemerdekaan Palestina dan membebaskan Masjid Al-Aqsha.

Sebelumnya, AWG kembali menyalurkan bantuan dari para donatur di Indonesia yang masuk melalui rekening amanah khusus kemanusiaan Gaza, Palestina, berupa 200 paket iftar (berbuka puasa) bagi warga Palestina tidak mampu di sana.

Program misi kemanusiaan yang bekerjasama dengan PWH (Palestine Welfare House) ini digelar sejak hari Kamis (30/5).

Selain itu, AWG juga membagikan 200 paket sembako untuk warga Palestina yang kurang mampu di Jalur Gaza seperti anak yatim, janda, orang cacat, dan keluarga miskin lainnya.

Paket sembako ini terdiri dari bahan pokok yang biasa mereka konsumsi di sana, seperti beras, gandum, minyak goreng, kacang-kacangan, adas dan lainnya.

Kegiatan ini dilakukan langsung bersama relawan MER-C Indonesia yang masih melanjutkan tugas di Jalur Gaza, Palestina, dalam pembangunan tahap 2 Rumah Sakit Indonesia di Bayt Lahia, Gaza Utara.

Pada Ramadhan kali ini, AWG juga menggelar Safari Ramadhan ke beberapa wilayah di Indonesia, menghadirkan ulama asal Gaza Palestina, Syaikh Omar yang saat ini aktif sebagai Kepala Bidang Bimbingan dan Penyuluhan di Kantor Cabang Urusan Wakaf Qolqiliyah, juga Kementerian Wakaf dan Urusan Agama Palestina.

AWG adalah lembaga yang fokus menggalang bantuan untuk membantu perjuangan rakyat Palestina dan upaya pembebasan Masjid Al-Aqsha, termasuk membantu pengungsi Suriah.

AWG yang berkantor pusat di Jakarta, merupakan lembaga yang fokus menggalang bantuan untuk membantu perjuangan rakyat Palestina dan upaya pembebasan Masjid Al-Aqsha.(L/R01/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.