Palestina Berikan Bantuan untuk Korban Gempa dan Tsunami di Sulteng

Jakarta, MINA – Pemerintah Palestina melalui Kedutaan Besar Palestina di Indonesia memberikan sejumlah bantuan primer untuk korban gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah, bantuan tersebut diterima oleh perwakilan Kementerian Luar Negeri RI. 

“Ini merupakan sebuah kewajiban kami warga Palestina dalam bentuk persaudaraan antara Indonesia dan Palestina,” ujar Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (11/10). 

Ia mengatakan, bantuan ini  merupakan mandat langsung dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas. “Meski keadaan di Palestina cukup sulit, namun bencana di Indonsia ini membuat kami tergerak untuk membantu sesama terutama bagi mereka yang sedang membutuhkan bantuan di Sulawesi Tengah.” 

Sementara itu, Direktur Jenderal Palestinian International Cooperation Agency (PICA) Imad Al-Zuhairi mengatakan, “Kami menyampaikan rasa solidaritas kami terhadap korban di Sulawesi Tengah. Bantuan yang kami berikan yaitu sejumlah tenda, genset, air mineral, dan kebutuhan bayi.” 

“Rencana awal kami ingin memberangkatkan tim, tapi kami memutuskan untuk memberikan bantuan primer terlebih dahulu, mengingat kondisi di Palu belum stabil. Kemudian kami memutuskan untuk menyiapkan segala bantuan di Jakarta untuk dikirimkan ke lokasi bencana,” jelasnya. 

Imad mengatakan, Pemerintah Palestina juga akan membantu pembangunan pasca gempa dan tsunami. “Kami juga akan mengirimkan dokter-dokter untuk kami kirimkan setelah keadaan membaik.”

Bantuan tersebut diterima oleh perwakilan Kementerian Luar Negeri RI Nurul Aulia, dan ditutup dengan doa yang dibacakan oleh Imaam Jamaah Muslimin (Hizbullah) Yakhsyallah Mansur.(L/R04/RS3) 

Mi’raj News Agency (MINA)