PALESTINA – ISRAEL PERPANJANG GENCATAN SENJATA.

 

Sejumlah warga sedang mencari jenazah dua orang warga yang tertimpa reruntuhan bangunan di timur Jabaliya. Foto : MINA
Sejumlah warga sedang mencari jenazah dua orang warga yang tertimpa reruntuhan bangunan di timur Jabaliya. Foto : MINA

, 29 Ramadhan 1435 H / 27 Juli 2014 (MINA) – antara pejuang di Gaza dengan penjajah , disepakati diperpanjang selama 24 jam dimulai sejak Ahad (27/7) pukul 14.00 hingga 02.00 waktu Gaza.

Sebelumnya diadakan gencatan senjata selama 12 jam sehari sebelumnya pada Sabtu (26/7) untuk kemanusiaan dan evakuasi para korban yang tertimpa reruntuhan bangunan.

Wartawan MINA di Gaza, Ahad melaporkan, Juru Bicara Hamas, Sami Abu Zuhri menyatakan dalam laman resmi media sosial facebook, gencatan senjata dilanjutkan atas permintaan Israel sebagai tanggapan pada himbauan  PBB serta mempertimbangkan kondisi rakyat dan suasana Iedul Fitri.

“Karena itu faksi-faksi perlawanan menyepakati untuk melakukan gencatan senjata kemanusiaan selama 24 jam mulai Ahad (27/7) pukul 14.00,” kata Juru Bicara Hamas.

Sementara itu  satu jam sebelum terjadinya gencatan senjata, Israel melakukan penyerangan bertubi tubi ke Gaza. Di jalur Gaza bagian utara, sejak pukul 13.00 suara dentuman bom terdengar di mana-mana, bahkan 5 menit setelah pukul 14.00, Israel masih terus mengadakan serangan dengan menembakkan misil dari tank. Israel beralasan menargetkan terowongan-terowongan pejuang yang ada di jalur Gaza yang mengancam keamanan nasional Israel.

Sebelumnya pada Sabtu (26/7) dengan dimediasi oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Jhon Kerry, fihak  Israel dan Palestina menyepakati gencatan senjata selama 12 jam untuk urusan kemanusiaan evakuasi jenazah korban tewas dan luka luka.

Setelah selesai gencatan senjata Sabtu (27/7) malam pukul 20.00, Israel meminta kembali gencatan senjata selama 4 jam, namun permintaan tersebut ditolak Hamas, dikarenakan selama gencatan senjata Israel melakukan penghancuran terowongan- terowongan pejuang. (L/K01/IR)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0