Pameran Peradaban Islam Ikut Semarakan MTQ Nasional Akhir Juli

Jakarta, 17 Syawwal 1437/22 Juli 2016 (MINA) – Indonesia akan kembali menggelar ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional XXVI 2016. Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) mendapat giliran sebagai tuan rumah gelaran yang akan berlangsung dari 30 Juli 6 Agustus 2016.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemprov NTB Wirajaya Kusuma mengatakan, selain ajang lomba tilawah Al-Quran, MTQN XXVI di Mataram juga akan dimeriahkan dengan Pameran Peradaban Islam (PPI). PPI menjadi acara baru di ajang MTQN dan dipersiapkan oleh Disbudpar bekerjasama dengan museum pusat dan daerah.

“PPI nantinya akan menampilkan dokumentasi tentang dinamika dan perkembangan peradaban Islam di NTB khususnya dan Islam di Nusantara pada umumnya,” ujarnya. Laman resmi Kementerian Agama RI memberitakan yang dikuti Mi’raj Islamic News Agency (MINA) pada Jumat, (22/7).

PPI akan ditampilkan berbagai materi dan koleksi yang mencerminkan perkembangan Islam yang tersimpan di berbagai museum. Selain itu, di stand PPI setiap hari juga akan berlangsung acara bedah buku dan seminar tentang dunia Islam. Kementerian Agama dan kementerian terkait lainnya terlibat penuh dalam penyiapan PPI ini, jelasnya.

MTQN XXVI juga akan disemarakkan dengan NTB Expo dan promosi produk unggulan daerah se-Indonesia, Bazar Kuliner Halal Food, dan Festival Hortikultura yang akan berlangsung dari tgl 30 Juli 6 Agustus di area Expo, sebelah utara venue utama Islamic Centre NTB.

Bazar Kuliner Halal Food juga digelar di arena EXPO MTQ. Sebanyak 40 unit stand FOOD COURT sudah disiapkan dan akan diisi oleh restoran, lesehan, katering dan UMKM binaan BUMN/Swasta, IWAPI, Dharma Wanita, dan lainnya. Selain itu tersedia pula kantin sehat dan halal untuk melayani panitia, kafilah, dan pengunjung di lantai 1 Gedung Pendidikan sebelah barat IC.

Pedagang kaki lima (PKL) juga mendapat ruang untuk memeriahkan MTQN XXVI di Mataram. Menurut Wira, sebanyak 30 PKL akan membuka lapak di jalan Mahoni, di samping kantor Imigrasi dan sekitarnya. Arena EXPO juga diramaikan dengan festival hortikultura yang menampilkan aneka pohon, buah-buahan, bunga, dan sayuran. Ada 20 stand perusahaan swasta dan pemerintah yang siap memeriahkan hortifest dengan menggelar berbagai produk dan tehnologi tepat guna.

Kemeriahan arena Expo bertambah dengan adanya pentas hiburan kesenian musik hadrah, rebana, gambus, dan lainnya. Juga diadakan aneka lomba, antara lain: lomba cerita tentang sejarah kejuangan nabi, hijaber kids, lomba mewarnai, lomba azan, lomba pukul bedug dan musik sahur. (T/M09/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.