Parlemen Ekuador Tolak Kebijakan Imigrasi Trump

Gedung Majelis Nasional Ekuador. (Foto: Gonsin)

Quito, 5 Syawwal 1438/29 Juni 2017 (MINA) – Anggota Parlemen Ekuador menyatakan menolak kebijakan imigrasi Presiden Amerika Serikat (AS) dan mengungkapkan solidaritas mereka kepada para imigran.

Resolusi baru yang disetujui oleh Majelis Nasional Ekuador pada hari Selasa (27/6) itu, bertujuan untuk melindungi migran dari pelanggaran hak asasi manusia oleh Penegakan Imigrasi dan Bea Cukai (ICE) sambil membantu warga Ekuador yang mencari legalisasi di AS.

Resolusi itu menolak kebijakan antimigran Trump dan untuk mendukung orang-orang Ekuador yang diasingkan dan keluarga mereka, memenuhi kewajiban sebagai kelompok negara Andes membela hak-hak migran yang tidak berdokumen di AS.

Resolusi berisi 14 poin tersebut disahkan oleh 127 suara dari 137 kursi di majelis. Demikian Telesur TV memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Resolusi tersebut juga meminta agar Presiden Lenin Moreno menetapkan rapat kabinet dua bulanan untuk menangani masalah-masalah masyarakat imigran di AS. (T/RI-1/RS2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)