PARLEMEN PORTUGAL DESAK PEMERINTAHNYA AKUI PALESTINA

Parlemen Portugal mendesak pemerintahnya untuk mengakui Palestina sebagai negara merdeka. (Foto: DailyStar)
mendesak pemerintahnya untuk mengakui sebagai negara merdeka. (Foto: DailyStar)

Lisbon, 20 Shafar 1436/13 Desember 2014 (MINA) – Parlemen Portugal  menyetujui usulan untuk meminta pemerintahnya guna mengakui negara Palestina, menyusul pengakuan sama yang dilakukan parlemen negara-negara dalam beberapa bulan terakhir.

Mosi diajukan sayap kanan-tengah  dengan oposisi Partai Sosialis di negara itu,  mereka mengusulkan “mengakui, dalam koordinasi dengan Uni Eropa, negara Palestina sebagai negara merdeka dan berdaulat,” Ma’an News Agency  melaporkan sebagaimana dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Runtuhnya negosiasi terbaru  antara Palestina dan yang dimediasi Amerika Serikat (AS) pada April lalu, bersamaan dengan tekanan Israel yang terus menerus serupa pembangunan permukiman ilegal di wilayah Palestina, memicu beberapa negara Eropa untuk meninjau posisi mereka guna mendukung negara Palestina merdeka.

Langkah parlemen Portugal datang tiga hari setelah pemerintah Irlandia mengatakan akan menerima mosi menyerukan mengakui Palestina sebagai sebuah negara.

Langkah negara-negara Eropa mengikuti Swedia sebagai negara Eropa pertama yang mengakui Palestina, dan parlemen di Spanyol, Inggris dan Perancis  meenyetujui  resolusi yang sama.

Kemenangan Palestina

Menteri Luar Negeri Palestina Riyad Al-Maliki mengatakan dalam sebuah pernyataan dukungan ini menunjukkan diplomasi Palestina telah mencapai kemenangan lainnya.

Al-Maliki menyampaikan ucapan terima kasih kepada Portugal dan rakyatnya atas pengakuan negara Palestina, serta berterima kasih kepada semua pihak  atas hal yang serupa.

Pernyataan menambahkan pengakuan itu merupakan  “prestasi besar” yang dipimpin Presiden Mahmoud Abbas dan Kementerian Luar Negeri Palestina.(T/R05/R04)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rana Setiawan

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0