Partai Berkuasa Kazakhstan Akan Adakan Pemilu Internal

Suasana Munas Partai Nur Otan.(Foto: Istimewa)

Nur Sultan, MINA – Untuk pertama kalinya dalam sejarah , pemilihan pendahuluan partai Nur Otan akan diadakan dalam skala di seluruh negeri.

Pemilu internal ini diadakan sebelum memutuskan kandidat untuk pemilihan anggota Mazhilis (majelis rendah Parlemen atau DPR) dan Maslikhat (wakil badan perwakilan lokal atau DPD.

Dalam siaran persnya, Jumat (28/8),  dijelaskan, pemilihan internal partai politik berkuasa Kazakhstan itu yang berlangsung tahun depan, juga akan memberdayakan perempuan dan kaum muda dalam kandidat kuat partai.

Pemerintah Kazakhstan menerapkan banyak reformasi politik di negara itu selama setahun terakhir, dengan mengamandemen Undang-Undang Majelis Damai agar lebih mudah untuk mengatur dan berpartisipasi dalam majelis.

Presiden Kassym-Jomart Tokayev mendirikan Dewan Nasional Kepercayaan Publik (National Council of Public Trust) untuk lebih memfasilitasi konsep ‘negara pendengar’.

Undang-undang pemilu juga mengalami banyak perubahan, termasuk menurunkan ambang batas pendaftaran partai politik.

Penyelenggaraan pemilihan pendahuluan pertama Kazakhstan adalah langkah lain menuju demokratisasi dan keterbukaan proses politik di negara Asia Tengah yang kaya minyak itu.

Dikatakan, ada beberapa keuntungan menggelar pemilihan pendahuluan partai, baik untuk partai maupun negara sendiri.

Pertama, proses tersebut memfasilitasi proses demokrasi dalam memilih calon-calon, karena setiap anggota partai dapat memberikan suara untuk setiap calon.

Selain itu, prosesnya lebih kompetitif karena setiap kandidat harus meyakinkan anggotanya bahwa mereka adalah kandidat yang sesuai dan akan tampil dengan standar tertinggi jika terpilih menjadi anggota Mazhilis.

“Artinya, mereka yang menunjukkan atribut yang diperlukan untuk menjadi wakil di DPR kemungkinan besar akan dipilih sebagai calon. Pada akhirnya, ini memastikan bahwa hanya kandidat teratas yang dipilih,” demikian pernyataan pers dari Partai Nur Otan.

Selanjutnya, pemilihan pendahuluan memastikan bahwa wajah-wajah baru memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam proses tersebut.

Ini sangat penting bagi Kazakhstan, yang telah mengalami perubahan besar selama beberapa tahun terakhir, termasuk peralihan kekuasaan pada 2019.

Presiden Pertama Kazakhstan – Pemimpin Bangsa, Nursultan Nazarbayev, yang juga memimpin partai Nur Otan, menginstruksikan untuk memasukkan setidaknya 30 persen wanita dan 20 persen kaum muda di bawah usia 35 tahun dalam daftar partai untuk setiap Maslikhat dan Mazhilis.

Dalam hal ini, situasi unik tahun ini adalah untuk pertama kalinya dalam sejarah Nur Otan, sejumlah perempuan dan pemuda akan ditambahkan ke dalam daftar partai Nur Otan.

Persyaratan ini ditambahkan ke aturan pemilihan pendahuluan dan disetujui oleh dewan politik partai.

Kuota akan memberdayakan perempuan dan partisipasi mereka dalam proses politik dan sipil. Kazakhstan sudah memegang tingkat representasi perempuan tertinggi kedua di parlemen di antara negara-negara Uni Ekonomi Eurasia.

Aturan kuota ini selanjutnya akan berkontribusi pada keterlibatan perempuan dalam politik dan proses pengambilan keputusan.

Selain itu, peluang telah terbuka bagi kaum muda yang aktif dan mampu untuk berkarir sebagai anggota partai, dan secara langsung berkontribusi pada modernisasi dan kemajuan Kazakhstan yang sedang berlangsung.

Saat ini, semua partai politik, termasuk Nur Otan, menyadari lebih dari sebelumnya bahwa anak muda tidak bisa hanya dianggap sebagai pemilih. Mereka juga merupakan kelompok kandidat utama mereka. Tetapi tidak cukup hanya memahami hal ini dalam teori. Harus ada mekanisme baru untuk melibatkan anak muda dalam sistem pemerintahan politik.

Salah satu caranya adalah dengan mengikutsertakan generasi muda dalam pemilihan pendahuluan partai.

“Anggota muda masyarakat Kazakhstan adalah masa depan negara, yang akan bertanggung jawab atas perkembangan dan perkembangannya. Oleh karena itu, penting untuk memasukkan mereka dalam proses politik dan pemilihan sedini mungkin,” lanjut dalam pernyataan pers Partai Nur Otan.

Awalnya, pemilihan pendahuluan direncanakan digelar pada 30 Maret hingga 16 Mei tahun ini. Namun karena pandemi virus korona dan tindakan karantina di negara itu, pemilihan internal partai ditunda.

Pendaftaran calon anggota Nur Otan kini akan digelar mulai 17 Agustus hingga 3 Oktober mendatang.

Pemilihan pendahuluan meliputi lima tahap: nominasi dan pendaftaran calon; persiapan calon untuk kampanye; kampanye; pemungutan suara; dan konfirmasi kandidat terpilih.

Untuk berpartisipasi dalam pemilihan, kandidat harus memenuhi persyaratan berikut: menjadi Warga Negara Kazakhstan, berusia 25 tahun atau lebih, dan menetap secara permanen di Kazakhstan selama 10 tahun terakhir.

Komite Kontrol Partai, serta komisi kontrol partai regional dan teritorial, akan mengawasi pelaksanaan pemilihan pendahuluan.

Dalam pemilihan pendahuluan, para pemilih akan mendengarkan pidato anggota Nur Otan, serta mempelajari program dan proyek yang mereka ajukan.

Debat publik akan diadakan pada konferensi cabang regional, kabupaten dan kota. Partisipasi dalam debat publik adalah wajib bagi semua kandidat.

Perlu dicatat bahwa debat publik akan memberikan kesempatan bagi para kandidat untuk mengatasi masalah paling mendesak yang berdampak pada masyarakat Kazakhstan saat ini, termasuk rehabilitasi dan pertumbuhan ekonomi setelah pandemi COVID-19, standar hidup warga Kazakhstan, dukungan untuk kecil dan menengah, bisnis berskala besar, pengembangan masyarakat sipil, dan prioritas utama lainnya.

Dengan memperdebatkan isu-isu ini dalam pemilihan pendahuluan, para anggota partai, serta masyarakat, dapat mengetahui posisi calon-calon potensial dalam isu-isu penting tersebut.

Sesuai aturan, calon akan berkampanye dengan biaya sendiri. Pembiayaan dari badan hukum dengan partisipasi asing atau warga negara asing atau lembaga pemerintah dilarang.

Pada hari pemungutan suara, satu pemantau dari masing-masing calon dapat hadir di TPS.

Pada akhirnya, penyelenggaraan pemilihan pendahuluan oleh partai Nur Otan adalah demonstrasi bahwa Kazakhstan bersedia untuk memodernisasi dan mereformasi sistem politiknya untuk memastikan pluralisme opini, debat terbuka, dan persaingan bebas. Ini akan menjadi pengalaman baru di level tersebut untuk partai dan negara.

Namun demikian, fakta bahwa keputusan telah dibuat untuk menyelenggarakan pemilihan pendahuluan ini menunjukkan bahwa partai yang berkuasa dan pihak berwenang yakin akan kemampuannya dan kesiapan Kazakhstan untuk memperkenalkan praktik baru ini. Ini menjadi pertanda baik bagi masa depan Kazakhstan dan demokrasinya. (R / R1/P1)

Kantor Berita Mi’raj (MINA)

Comments are closed.