Partai Buruh Australia Dukung Negara Palestina

Bob Carr (ABC News)

Sydney, MINA – Robertt John ‘Bob’ Carr, anggota menyatakan, partainya dengan suara bulat mendukung sebuah mosi yang diajukan untuk mengakui negara berdaulat di kawasan Timur Tengah.

Bob Carr, mantan Menteri Luar Negeri Australia menyebutkan, ada dukungan kuat di dalam partainya untuk mengakui Palestina sebagai bagian dari solusi dua negara untuk konflik dengan Israel.

“Ada dukungan Partai Buruh yang kuat,” kata Carr kepada Sky News, pada Ahad (6/8/2017).

Ia mengatakan Australia, dan beberapa anggota partai federal, tertinggal dari bagian dunia lainnya mengenai masalah ini.

Dia juga ingin gagasan tersebut menjadi kebijakan partai dan setiap anggotanya agar mendukung mosi tersebut.

“Pada tahun lalu, Vatikan, di bawah Paus Fransiskus, dan Swedia menambahkan nama mereka ke daftar negara di antara mayoritas negara-negara dunia yang mengakui Palestina,” lanjutnya.

Seruan itu berseberangan dengan beberapa anggota fraksi sayap kanan ALP yang lebih Pro-Israel.

Semasa menjabat sebagai Menlu, Carr bersama Menlu Inggris William Hague pernah membuat komunike bersama tahun 2013, yang meminta Presiden AS untuk melanjutkan pembicaraan langsung antara Israel dan Palestina.

Komunike tersebut juga mencatat bahwa permukiman Israel di Tepi Barat sebagai ilegal menurut hukum internasional. (T/RS2/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.