Partai Turki: Masalah Iran Sedang Dimanipulasi

Juru Bicara Partai AK Turki Mahir Unal. (Foto: dok. AA)

Ankara, MINA – Partai penguasa pimpinan Recep Tayyip Erdogan di Turki, Partai Pembangunan dan Keadilan (AK), mengatakan bahwa sedang menghadapi “manipulasi” yang sangat serius.

Dalam sebuah wawancara di CNNTurk, pada Selasa (2/1), Juru Bicara Partai AK Mahir Unal mengatakan, beberapa kekuatan global telah melakukan intervensi dalam masalah sosial dan ekonomi Iran.

“Jika Anda memiliki beberapa masalah, masalah yang Anda alami pasti akan berubah menjadi keuntungan bagi lawan Anda. Masalah ini dimanipulasi oleh mereka,” kata Unal.

“Saat ini, Iran sedang mengalami hal ini, menghadapi manipulasi yang sangat serius jika kita melihat pernyataan dari Amerika (Serikat), terutama (Presiden Donald) Trump,” katanya. Demikian Anadolu Agency memberitakannya yang dikutip MINA.

Di Twitter, Trump mengatakan bahwa AS sedang “menyaksikan” peristiwa yang terjadi di Iran dan orang Iran “memiliki sedikit makanan, inflasi tinggi dan tidak memiliki hak asasi manusia.”

Tanpa secara langsung menyalahkan AS atas demonstrasi di Iran, Unal mengatakan bahwa AS “ingin melakukan transformasi regional sesuai dengan kepentingannya di wilayah ini.”

Ribuan orang Iran turun ke jalanan mulai Kamis di kota timur laut Masyhad dan Kashmar, mereka memprotes kenaikan harga komoditas dan oknum pejabat yang korupsi di pemerintahan. Demonstrasi kemudian menyebar hingga ke ibu kota Teheran.

Sedikitnya 23 orang telah terbunuh dan lebih dari 500 dilaporkan ditahan sejak demonstrasi dimulai. (T/RI-1/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.