Pasukan Nasional Serukan Aksi Protes Massal Pada Hari Tanah Palestina

Pemukiman ilegal di tanah (Foto: File)

Ramallah, MINA – Pasukan Nasional dan Islam, sebuah koalisi faksi-faksi besar Palestina, pada Sabtu (24/3) menyerukan aksi protes massal terhadap pendudukan Israel pada 30 Maret nanti.

Seruan ini dalam rangka memperingati Hari Tanah Palestina, menjelang persiapan untuk peringatan Perayaan ke-70 dari eksodus bangsa Palestina atau dikenal dengan Nakbah, demikian laporan WAFA.

Pasukan Nasional menyerukan aksi protes digelar di pos-pos pemeriksaan Israel di Tepi Barat yang diduduki pada 30 Maret untuk menunjukkan kemarahan atas tindakan-tindakan rasis dan diskriminatif otoritas pendudukan.

Pada hari itu, 30 Maret, orang-orang Palestina di Tepi Barat, Gaza dan di wilayah pendudukan Israel akan menandai Hari Tanah, memperingati sebuah keputusan Israel pada tahun 1976 untuk mengambil alih lahan yang luas di wilayah Galilea, di utara Palestina.

Sebuah langkah yang memicu kerusuhan luas yang mengakibatkan kematian enam warga Palestina.

Hari Tanah sangat penting bagi Palestina, karena itu adalah pertama kalinya sejak 1948 bahwa orang-orang Palestina di Israel mengorganisir tanggapan kolektif terhadap tindakan Israel.

Hari tersebut tidak hanya ditandai oleh orang-orang Palestina di dalam negeri, tetapi juga oleh orang-orang Palestina di seluruh dunia. (T/R01/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.