PBB: 290 SITUS SEJARAH RUSAK DALAM PERANG SURIAH

Street in Aleppo, Syria. Photo: MEMO
Street in Aleppo, Syria. Photo: MEMO

Damaskus, 4 Rabi’ul Awwal 1436/26 Desember 2014 (MINA) – mengumumkan, gambar satelit menunjukkan 290 situs termasuk situs warisan kebudayaan telah rusak selama perang di .

Dalam laporan yang dikeluarkan oleh Lembaga PBB untuk Pelatihan dan Riset (UNITAR) yang disusun oleh Aplikasi Operasi Program Satelit (UNOSAT), PBB mengungkapkan, situs itu terletek di wilayah bersejarah di seluruh negeri.

Hal itu menunjukkan, kerusakan terjadi di wilayah arkeologi dan tempat bersejarah, termasuk yang terdaftar sebagai situs Warisan Dunia di UNESCO. Middle East Monitor (MEMO) melaporkan, yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Jumat.

Laporan itu mengatakan, kerusakan terparah di wilayah Aleppo, yang menganut peradaban lain selama kurang lebih 7000 tahun, serta Damaskus, Raqqa, dan kota bersejarah Palmyra.

Sebanyak 24 situs telah di bongkar, lebih dari 104 situs mengalami kerusakan parah, 85 lainnya mengalami kerusakan.

Wilayah Aleppo mengalami kerusakan 135 situs akibat perang. Masjid Aleppo Great Umayyah rusak dan menaranya hancur.

Gambar membuktikan, kerusakan yang berkelanjutan di kota-kota damaskus, Aleppo, Bosra dan Tadmor, serta Benteng Salah Ed-Din, dan desa-desa kuno ayang dikenal sebagai “kota-kota yang dilupakan” di Suriah utara, semua terdaftar sebagai situs Warisan Dunia.(T/P008/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0