850.000 PENDUDUK SOMALIA ALAMI KRISIS KEMANUSIAAN

Somalia, 19 Rabi’ul Akhir 1435/20 Februari 2014 (MINA) – PBB  memperingatkan bahwa lebih dari 850.00O penduduk Somalia sangat membutuhkan makanan, dan kondisi kesehatan mereka dalam keadaan darurat.

Direktur Operasi Kemanusiaan PBB John Ging mengatakan, Rabu, dua juta orang di negara yang berlokasi di benua Afrika itu dianggap rawan pangan. “Jumlah tersebut sangat besar” Kata Ging pada Konferensi pers setelah kunjungan tiga hari ke Somalia

“Mereka memberitahu kami pesan sederhana yaitu bahwa situasi di Somalia dari  sisi kemanusiaan sangat serius. Ini juga sangat rapuh,” ujarnya seperti diberitakan Press TV yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Kamis.

Dia mengatakan, Analisis Unit Program Gizi dan Pangan Dunia PBB dalam sebuah laporan bulan ini menyebutkan, sebanyak 857.000 penduduk Somalia berada dalam kondisi krisis akut dan memerlukan bantuan kemanusiaan yang mendesak.

Laporan itu juga mengatakan bahwa 75 persen dari 857.000 warga Somalia yang membutuhkan makanan telah mengungsi dari rumah mereka akibat perang saudara berkepanjangan di negeri itu, ketidakamanan dan kekurangan makanan.

PBB memerlukan  933 juta dolar  untuk krisis kemanusiaan di Afrika tahun ini, namun Ging mengatakan dana yang tersedia hanya 36 juta dolar.

Dia mengatakan dana bantuan PBB yang dialokasikan untuk Somalia pada tahun 2011 bisa dipenuhi 86 persen dari kebutuhan, namun pada 2012, hanya separuhnya yang dapat dipenuhi.

Somalia menjadi ajang bentrokan antara pasukan pemerintah dan pejuang al-Shabab sejak tahun 1991 ketika mereka menggulingkan mantan presiden. (T/P010/EO2)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0