PBB Imbau Bantuan Kemanusiaan 1,3 Miliar Dolar AS Untuk Sudan Selatan

foto: Arabnews
foto: Arabnews

Nairobi, 11 Rabi’ul Akhir 1437/ 21 Januari 2016 (MINA) – PBB menyerukan kemanusiaan senilai 1,3 miliar dolar AS untuk , tempat dua dari sepuluh penduduknya telah terusir dari rumah mereka akibat konflik dalam dua tahun terakhir.

Lebih dari 10.000 orang tewas dan 2,3 juta lainnya mengungsi sejak perang saudara berkecamuk di negara itu pada Desember 2013, ketika tentara yang setia kepada bentrok dengan pasukan yang mendukung wakilnya, Riek Machar.

Eugene Owusu, Koordinator Kemanusiaan PBB untuk Sudan Selatan, berkata 1,3 miliar dolar merupakan dana “minimal” yang diperlukan untuk mebantu  5,1 juta orang yang terancam jiwanya di negeri itu, Arabnews melaporkan seperti dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Tantangan yang kita hadapi belum pernah terjadi sebelumnya,” katanya.

PBB mengatakan lebih dari 680.000 anak balita dilaporkan menderita gizi buruk..

Banyak dari pertempuran ini berlangsung masyarakat Dinka Kiir dan orang Nuer Machar.

Kemajuan kesepakatan damai yang ditandatangani tahun lalu berjalan lambat, dengan kedua belah pihaksaling menuduh  melanggar perjanjian dan mereka tampaknya enggan  membentuk pemerintah persatuan nasional.

Perang juga telah menghancurkan perekonomian Sudan Selatan dan menurunkan produksi minyak yang menjadi andalan penerimaan negara. (T/AE/R07)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.