PBB: LEBIH DARI 100 RIBU WARGA GAZA KEHILANGAN TEMPAT TINGGAL

KERUSAKAN DI GAZA

KERUSAKAN DI GAZA
Serangan tentara Zionis Israel ke Gaza mengakibatkan banyak kerusakan bangunan (Foto: MINA)

Gaza, 29 Dzulqa’dah 1435/24 September 2014 (MINA) – Lebih dari 100 ribu warga Gaza Palestina tidak memiliki tempat tinggal, setelah 8 Juli lalu, kata Wakil komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB, Flavia Pansieri.

Berbicara di Dewan di Jenewa, Senin (22/9), Pansieri menunjukkan laporan tentang agresi Israel di selama musim panas ini. Ia mencatat, pada akhir operasi,”lebih dari seperempat dari seluruh penduduk gaza, 497 ribu orang terlantar.”

“Agresi Israel di Jalur Gaza musim panas ini menyebabkan tingkat kematian dan kehancuran bahkan lebih dahsyat dari sebelumnya,” kata Pansieri. Sebagaimana dilaporkan Alray, yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Pansieri mengatakan, total korban jiwa Palestina sebanyak 2.158. 1.479 dari mereka adalah warga sipil dan 506 dari mereka adalah anak-anak.

Pansieri menambahkan, 66 tentara Israel, sedikitnya lima warga sipil Israel teewas selama pertempuran.

“Warga Gaza berada dalam situasi yang tertekan, mereka terjebak di bawah blokade,” kata Pansieri.

“Laporan ini mencatat, hal itu merupakan pelanggaran hak asasi manusia internasional dan hukum kemanusiaan internasional, termasuk beberapa tindakan yang mungkin merupakan kejahatan perang,” ujar Pansieri.

Sementara itu, Negosiator Palestina dan Israel menandatangani perjanjian gencatan senjata di Kairo pada 26 Agustus menyusul serangan militer 51 hari di Jalur Gaza oleh Israel.(T/P008/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0