PBB: Pengepungan Aleppo Bisa Potong Suplai Makanan 300.000 Jiwa

Salah satu sudut kehancuran di kota Aleppo. (Foto: dok. Liragir.am)
Salah satu sudut kehancuran di Kota . (Foto: dok. Liragir.am)

New York, 2 Jumadil Awwal 1437/10 Februari 2016 (MINA) – Ratusan ribu warga sipil Suriah di Kota Aleppo terancam terputus dari pasokan sembako di tengah kemungkinan adanya pengepungan oleh pasukan pemerintah Suriah.

mengatakan, Selasa (9/2), kemajuan pemerintah menimbulkan kekhawatiran diblokirnya akses terakhir bagi warga sipil di bagian wilayah yang dikuasai oposisi di Aleppo yang berbatasan dengan Turki.

“Ini akan membuat 300.000 orang yang masih berada di kota, terputus dari bantuan kemanusiaan, kecuali akses bisa dinegosiasikan,” kata Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA), demikian Al-Jazeera memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Aleppo adalah kota terbesar di Suriah yang sebelum konflik ditempati oleh dua juta orang.

Pasukan pemerintah Suriah, yang didukung oleh serangan udara Rusia dan militan Hizbullah Lebanon, telah melancarkan serangan besar-besaran selama sepekan terakhir di pedesaan sekitar Aleppo yang selama bertahun-tahun kontrolnya terbagi dua antara oposisi dan pemerintah.

Penduduk Aleppo telah mengatakan kepada Al-Jazeera bahwa mereka takut akan terjadinya pengepungan yang bisa berefek besar pada harga pangan dan bahan bakar di kota.

Zaid Muhammad, seorang relawan Kesh Malek, sebuah kelompok aktivis Suriah di distrik yang dikuasai oposisi di Aleppo mengatakan, serangan udara Rusia yang mendukung pasukan rezim telah “meneror” warga sipil setiap hari.

“Selama tujuh atau delapan jam sehari mereka (pesawat tempur) menyerang dari langit dan meneror orang-orang secara psikologis,” ujarnya.(T/P001/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.