PBB SAMBUT LANGKAH REKONSILIASI PERDAMAIAN SOMALIA SELATAN

(Foto: UN News Centre)
(Foto: UN News Centre)

Mogadishu , 25 Dzulqa’dah 1435/19 September 2014 (MINA) – Deputi Sekretaris Jenderal PBB untuk , Fatiha Serour, Jumat, menyambut pembukaan konferensi rekonsiliasi Kismayo di Somalia selatan sebagai langkah untuk memperkuat negara dan mengkonsolidasikan perdamaian di kawasan itu.

“Saya mendesak para peserta bisa menciptakan lingkungan yang yang aman,  konferensi bertujuan untuk mengembangkan resolusi kepada semua pemangku kepentingan terutama perempuan, pemuda dan orang tua, tanpa memandang status sosial atau ekonomi,” kata Serour dalam statemennya seperti dilaporkan laman resmi PBB dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Dia menambahkan, proses rekonsiliasi ini adalah “jalan untuk mengembangkan roadmap untuk Jubba Administrasi Interim untuk terus membangun kapasitasnya.

“Ada kesepakatan yang harus dicapai untuk bergerak maju melalui proses pembentukan negara,” kata Serour.

Pada Agustus 2013 lalu, Jubba yang bertempat di wilayah di bagian selatan negara itu menandatangani perjanjian dan secara resmi bersekutu dengan Pemerintah Federal Somalia.

Di antara poin utamanya, perjanjian membahas  tata kelola kota di Bawah Jubba, Jubba Tengah dan Gedo.

Dalam pembukaan konferensi tersebut, Presiden Somalia Hassan Sheikh Mohamud menyerukan semua pihak untuk terus bergabung dengan proses perdamaian. (T/P005)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0