PBB Serukan Perpanjangan Operasi Bantuan Lintas Batas ke Barat Laut Suriah

Pengungsi Suriah. (Foto: dok. NBC News)

Jenewa, MINA – menyerukan perpanjangan resolusi yang memungkinkan penggunaan perbatasan Bab al-Hawa untuk pengiriman bantuan kemanusiaan ke barat laut dari Türkiye.

Operasi bantuan jangka panjang telah dilakukan sejak 2014 dan otorisasi enam bulan terakhir akan berakhir pada 10 Januari 2023.

“Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres akan memberi pengarahan kepada Dewan Keamanan PBB selambat-lambatnya 10 Desember tentang kebutuhan kemanusiaan, sebelum Dewan memutuskan apakah akan mengizinkan kembali mekanisme bantuan lintas batas,” kata juru bicaranya Stephane Dujarric pada hari Jumat (3/12) kepada Anadolu Agency.

“Posisi kami tentu saja tentang perlunya melanjutkan lintas batas tetap tidak berubah,” katanya.

“Kami baru-baru ini melakukan lintas batas yang sangat berguna, tetapi tidak ada yang benar-benar dapat menggantikan operasi lintas batas kami,” tambahnya.

Operasi bantuan lintas batas ke Suriah pertama kali dimulai di empat lokasi tetapi dikurangi menjadi satu melalui Türkiye tahun lalu, ke daerah yang dikuasai pemberontak karena penentangan dari Rusia dan China, dua dari pemegang hak veto di Dewan Keamanan.

Lebih dari 4 juta orang di barat laut Suriah bergantung pada operasi kemanusiaan lintas batas untuk bantuan makanan, obat-obatan dasar dan barang kebutuhan dasar lainnya, menurut PBB. (T/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.