PEBISNIS MALAYSIA KAGUMI TRADE EXPO INDONESIA 2014

Foto: KBRI Kuala Lumpur
Foto: KBRI Kuala Lumpur

Jakarta, 17 Dzulhijjah 1435/11 Oktober 2014 (MINA) – Sebanyak 151 pebisnis Malaysia berkesempatan mengikuti pameran Trade () 2014, yang diselenggarakan di Jakarta International Expo Kemayoran, 8-12 Oktober 2014.

Rombongan buyers asal Malaysia yang umumnya adalah peserta baru dalam TEI 2014 ini menyatakan kekaguman atas penyelenggaraan TEI 2014, sebagaimana  laporan Kedutaan Besar RI di Malaysia yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Salah satu pebisnis besar di Malaysia Dato’ Maznah Bt. Abdul Hamid mengungkapkan ketertarikan dengan beragam produk berkualitas dari Indonesia yang ada di TEI 2014 , khususnya processed food yang menjadi minatnya.

Ia berharap produk-produk yang dipamerkan dapat lebih ditingkatkan lagi kualitasnya di masa mendatang agar dapat bersaing dengan produk dari negara lain terutama Cina, Thailand dan Filipina.

Sementara itu, Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia, Herman Prayitno, yang memimpin langsung delegasi pengusaha Malaysia berharap, melalui TEI ini akan semakin banyak kesepakatan bisnis yang dapat dijalin oleh para pengusaha kedua negara.

Di sela-sela TEI 2014, Delegasi Malaysia melakukan kunjungan kehormatan kepada Direktur Jenderal Kerjasama Perdagangan Internasional (KPI), Bachrul Chairi. Mereka juga mengikuti berbagai kegiatan yang dilaksanakan penyelenggara TEI 2014, antara lain Trade & Investment Forum yang dihadiri Menteri Perdagangan dan Kepala BKPM serta business matching.

Selain itu, KBRI Kuala Lumpur juga mengajak mereka melakukan kunjungan ke beberapa pusat industri seperti Sariayu Martha Tilaar dan pabrik garmen di Bandung.

Tak lupa, para pebisnis Malaysia ini juga dipertemukan dengan pengusaha Indonesia yang bernaung di dalam KADIN DKI, Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI), Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) dalam kegiatan Welcoming Dinner & Business Matching.

Indonesia merupakan ajang promosi produk Indonesia tahunan terbesar yang mempertemukan para pengusaha Indonesia dengan pebisnis mancanegara.

Sekitar 14.200 pebisnis dari dalam dan luar negeri berpartisipasi dalam TEI 2014 ini.

Delegasi Malaysia merupakan salah satu yang terbesar di samping delegasi Nigeria, India, Arab Saudi dan Bangladesh. Para pebisnis Malaysia berasal dari berbagai bidang usaha mulai dari retail, makanan, alat berat sampai persenjataan.

Bagi Malaysia, saat ini Indonesia merupakan mitra dagang terbesar ke-8. Kedua negara menetapkan target total nilai perdagangan sebesar USD 30 milliar pada tahun 2015.(T/R04/R03)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0