Pelajar Indonesia Berlatih Sepak Bola di Akademi Juventus Italia

Turin, MINA – ​Sebanyak 18 pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Indonesia berlatih sepak bola di Akademi Juventus, Italia, selama satu pekan sejak Rabu (28/11).

Program pelatihan bertajuk “Juventus Academy Training Experience” ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bagi para pelajar yang menjuarai kompetisi Gala Siswa Indonesia tahun 2018 dari Sidoarjo, Surabaya, Krembung, Buduran hingga Tangerang Selatan.

Selain itu, ikut serta pula empat orang pelatih yang didampingi oleh Indra Sjafrie, pelatih Timnas Indonesia, demikian laporan Kemlu RI.

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Hamid Muhammad, pelatihan ini bertujuan memberikan apresiasi atas kerja keras para siswa yang berprestasi di bidang sepak bola.

“Ini kesempatan bagi para siswa Indonesia merasakan berlatih sepak bola di klub terkemuka di dunia untuk mendapatkan pengetahuan baru dan mengasah kemampuannya. Selain itu, diharapkan mereka juga bisa memperluas wawasan mereka dengan melihat belahan dunia lainnya,” kata Hamid saat mendampingi para peserta ke Turin.

Program pelatihan dipimpin oleh tim pelatih yang diketuai Nicolò Sarti, beranggotakan tiga pelatih Akademi Juventus lainnya, yaitu Vincenzo De Caro, Michele Vegliato, dan Davide La Pira.

Nicolò menyampaikan, pelatihan ini bukan hanya akan mengasah kemampuan dan teknik bermain bola, tetapi juga menerapkan nilai-nilai, sikap dan tata perilaku yang dipegang teguh oleh Juventus, klub sepak bola Italia yang berdiri sejak 1897.

Dalam program ini, para peserta akan mengikuti berbagai sesi latihan, pertandingan persahabatan, juga kunjungan dan studi wisata ke stadion Allianz Juventus yang terletak di kota Turin. Stadion tersebut dinobatkan sebagai stadion sepak bola tercanggih di Italia.

Para siswa sendiri berlatih di Cantalupa, sekitar 50 km dari kota Turin, sebuah kota kecil di kaki Gunung Freidour yang memiliki fasilitas olah raga sangat lengkap. Pada Selasa (27/11), mereka juga berkesempatan menyaksikan langsung aksi Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan pada pertandingan Liga Champions antara Juventus melawan Valencia.

Dalam kesempatan tersebut, rombongan difasilitasi pula oleh KBRI Roma. Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani menyambut baik program pelatihan ini dan mengharapkan para peserta dapat memanfaatkan kesempatan istimewa ini untuk meningkatkan kemampuan teknis sepak bola maupun pengetahuan baru lainnya.

Duta Besar Esti Andayani juga berkomitmen akan terus mengembangkan kerja sama antar​a klub atau komunitas sepak bola di Indonesia dengan Italia.(R/R01/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)