Pelajar Indonesia Raih Prestasi Tertinggi Olimpiade Sains di Kazakhstan

Foto: KBRI Nur Sultan

Almaty, MINA – Delegasi Indonesia berhasil memperoleh prestasi tertinggi dalam ajang Olimpiade Sains International Zhautykov Olympiad (IzhO) Ke-17.

Delegasi Indonesia yang diwakili Yayasan Sinergi Mencerdaskan Tunas Negeri (Simetri) berhasil mendapatkan nilai sempurna dengan merebut 3 medali emas, 3 medali perak dan 2 medali perunggu di kategori matematika, fisika dan komputer. Demikian siaran pers Kedutaan Besar RI Nur-Sultan, Jumat (15/1).

IzhO diselenggarakan pada 7-13 Januari 2021 di kota Almaty, Kazakhstan. Adapun para pelajar yang berhasil menyumbangkan medali bagi Indonesia antara lain adalah Stanve Avrilium Widjaja (SMA IPEKA Plus BSD) meraih Gold Medal dengan Perfect Score bidang Matematika, Elbert Benedict (SMAK Penabur Gading Serpong meraih Gold Medal bidang Matematika, dan Peter Addison Sadhani (SMA St Aloysius Bandung) meraih Gold Medal bidang Fisika.

Tahun ini, IZhO diikuti sebanyak 421 siswa untuk bidang Matematika, 290 peserta untuk bidang Fisika, dan 295 peserta pada kategori Ilmu Komputer.

Peserta olimpiade berasal dari berbagai negara, yaitu Armenia, Azerbaijan, Belarus, Bulgaria, Denmark, Georgia, India, Indonesia, Iran, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Mongolia, Romania, Russia, Serbia, Tajikistan, Turkey, Turkmenistan, Ukraine, dan Uzbekistan.

IZhO diselenggarakan oleh The National School of Physics & Math (NSPhM) dan The Republican Scientific-Practical Center “Daryn“, serta didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Sains Republik Kazakhstan. (R/RE1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)