Pelaku Bom Bunuh Diri Anak di Afrika Meningkat 10 Kali

Lagos, 5 Rajab 1437/12 April 2016 (MINA) – Lembaga PBB UNICEF mengatakan, Selasa (12/4), jumlah anak yang digunakan sebagai pelaku bom bunuh diri di wilayah Lake Chad meningkat 10 kali lipat sejak 2014.

Data itu terungkap di dalam sebuah laporan UNICEF yang berjudul “Beyond Chibok”.

Laporan menyatakan bahwa 75 persen anak pelaku bom bunuh diri di bawah umur itu adalah perempuan.

Jumlah pelaku bom bunuh diri anak meningkat dari empat orang pada 2014 menjadi 44 orang pada 2015, demikian Anadolu Agency memberitakannya yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Laporan itu muncul dua hari sebelum genap dua tahun lamanya setelah aksi penculikan terhadap lebih 200 siswi di Chibok, kota Nigeria di negara bagian Borno. Penculikan itu didalangi oleh kelompok dan ratusan siswi itu hingga sekarang belum berhasil ditemukan.

“Antara Januari 2014 hingga Februari 2016, Kamerun mencatat jumlah tertinggi serangan bunuh diri yang melibatkan anak-anak (21 orang), diikuti oleh Nigeria (17 orang) dan Chad (2 orang),” menurut laporan tersebut.

Tahun lalu, kata laporan itu, anak-anak digunakan dalam salah satu dari dua serangan di Kamerun, satu dari delapan serangan di Chad dan satu dari tujuh serangan di Nigeria.

“Mari kita perjelas, anak-anak ini adalah korban, bukan pelaku,” kata Manuel Fontaine, Direktur Regional UNICEF untuk Barat dan Tengah. “Menipu anak-anak dan memaksa mereka untuk melakukan tindakan mematikan telah menjadi salah satu aspek yang paling mengerikan dari kekerasan di Nigeria dan di negara-negara tetangga,” tambahnya.

Fontaine mengamati, meningkatnya penggunaan anak-anak untuk bom bunuh diri membuat masyarakat memperlakukan anak-anak sebagai ancaman keamanan.

Krisis di wilayah itu juga mencatat bahwa ada hampir 1,3 juta anak terlantar, termasuk sekitar 1.800 sekolah ditutup, baik karena rusak, dijarah, dibakar atau digunakan sebagai tempat penampungan oleh orang-orang yang terlantar.

Lebih dari 5.000 anak-anak dilaporkan tanpa pendamping atau terpisah dari orang tuanya.

Menurut laporan itu, serangan bom bunuh diri untuk pertama kali menyebar ke negara tetangga mulai tahun lalu. (T/P001/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.