Pelatihan Wirausaha untuk Pemuda dan Pengungsi Muda Asing

Jakarta, MINA – bekerjasama dengan United Nations High Commissioner for Refugees (), International Labour Organization (), dan Universitas menyelenggarakan progam pelatihan wirausaha kepada pemuda dan pengungsi muda di Indonesia selama enam bulan sejak September 2018 lalu.

Wisuda peserta diadakan Kamis (14/2) di aula Umar Usman, Jatipadang, Jakarta Selatan, demikian keterangan dari Dompet Dhuafa kepada MINA.

Progam tersebut melatih para pengungsi dan pemuda Indonesia untuk bisa menjadi wirausahawan muda. Selain itu progam tersebut juga menjadi ajang mendekatkan pemuda lokal dengan pemuda pengungsi dari banyak negara. Dengan begitu mereka dapat bertukar ilmu dan nilai budaya setempat.

Zakaria usia 28 tahun, salah satu pengungsi asal Somalia mengatakan, progam pelatihan wirausaha tersebut menjadi harapan bagi peserta yang kebanyakan adalah pengungsi muda dari berbagai negara. Mereka harap dengan progam ini, bisa membantu mereka mandiri, mengingat mereka tidak bisa mendapatkan pekerjaan di Indonesia.

“Saya dari Somalia, di negara saya penuh dengan perang, ayah saya terbunuh. Empat tahun yang lalu saya putuskan untuk pergi ke Indonesia. Di sini orang-orang sangat baik dan terbuka. Hanya saja saya tidak bisa bekerja di sini, jadi saya kesulitan mendapatkan penghasilan,” terang Zakaria

“Alhamdulillah, saya mendapatkan kesempatan untuk ikut serta dalam progam ini. Saya dapat banyak sekali ilmu. Setelah ini, saya ingin membuka usaha sendiri,” tambah Zakaria.

Dengan terselesaikanya progam ini, diharapkan akan adanya keserasian antara masyarakat lokal dan pengungsi dalam hal pengentasan kemiskinan dan terjalin kerjasama antar keduanya untuk bisa membangun bisnis bersama.

Bukan hanya Zakaria, masih banyak pengungsi yang bernasib sama dengannya di Indonesia. Tahun 2017 saja ada sekitar 14.000 pengungsi lintas negara di Indonesia. kebanyakan berasal dari negara konflik seperti Somalia, Afganistan, dll. (R/Gun/P1).

 

Miraj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.