Pemerintah Fokus Kembangkan Industri Pesawat Terbang Indonesia

Jakarta, MINA –  Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Dimyati mengatakan, pemerintah bersama berbagai pihak terkait terus fokus mengembangkan di Indonesia.

“Indonesia adalah negara besar yang terdiri dari banyak pulau, oleh karena itu pesawat komersial sangat penting bagi Indonesia karena merupakan tulang punggung pertumbuhan ekonomi. Mengingat kondisi geografis Indonesia sangat memerlukan pesawat untuk konektivitas antar pulau,” kata Muhammad pada acara di Hotel Kartika Chandra, Jakarta Selatan (25/9).

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin juga mengungkapkan, Aero Summit 2018 bertujuan untuk membahas upaya Indonesia dalam mewujudkan kemandirian di bidang teknologi penerbangan dan antariksa.

Beberapa strategi yang diperlukan untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan melakukan rekayasa dan rancang bangun secara mandiri, seperti proyek nasional N219, R80 dan N245, memperkuat mitra strategis baik di dalam maupun di luar negeri, serta  penguatan SDM dengan mengundang mitra dari negara yang menguasai teknologi tinggi untuk berinvestasi dan memindahkan kompetensi teknologinya di Indonesia.

Saat ini LAPAN telah membangun sinergis dengan berbagai mitra seperti Indonesia Aeronautical Engineering Center (IAEC), Indonesia Aircraft Component Manufacturer Association (INACOM), Indonesia Aircraft Maintenance Service Association (IAMSA), PT DI, PT RAI dan GMF AeroAsia.\

Aero Summit 2018 ini dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur Industri Maritim Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika, Dewan Koordinasi Aero Summit 2018 Dadang Furqon Erawan, Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa Rika Andianti, Kepala Pusat Teknologi Penerbangan Gunawan Prabowo, serta tamu undangan lainnya. (R/Ast/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.