GAZA TINGKATKAN PERTANIAN DAN PERIKANAN

City, 29 Jumadil Akhir 1435/29 April 2014 (MINA) – Untuk memenuhi kebutuhan pangan rakyat di Gaza serta menumbuhkan kemandirian dalam pegadaan pangan, Pemerintah Gaza melalui Kementerian menginvestasikan dana sebesar 49 juta dolar Amerika untuk sektor pertanian dan dana sebesar 9 juta dolar AS bantuan Pemerintah Qatar untuk pegembangan perikanan.

Menteri Pertanian Gaza, Ali Tarshawi dalam konferensi pers yang diadakan di Restoran Latirna, GazaCity, Senin (28/4), mengatakan, berbagai kebijakan akan diambil guna mensukseskan program tersebut.

Diantaranya menjalin kerjasama dengan  lembaga-lembaga yang bergerak dalam bidang  pertanian  untuk mengadakan pelatihan-pelatihan secara kontinyu,” kata Ali Tarshawi.

Ia menjelaskan,  anggaran  sebesar 40 juta dolar AS akan digunakan untuk pengembangan pertanian terutama sayur mayur, sedangkan sumbangan dana dari Pemerintah Qatar sebanyak  9 juta dolar AS ri Qatar akan digunakan untuk pengembangan sektor perikanan.

“Kami berterima kasih kepada Pemerintah Qatar atas sumbangan dana sebesar 9 juta dolar AS untuk sektor perikanan” Kata Ali.

Kemenetrian Pertanian juga mendukung para nelayan dengan mengunjungi rumah-rumah mereka serta memberikan dukungan dana agar para nelayan mau melanjutkan profesi mereka sehingga keadaan mereka kembali pulih.

Sektor pertanian dan perikanan merupakan dua sektor besar yang dimiliki oleh Palestina, khususnya di Jalur Gaza. karena sebagian besar penduduk dijalur Gaza memenuhi kebutuhan hidup mereka sebagai petani dan nelayan.

blokade yang mendera Jalur Gaza menuntut mereka harus melakukan berbagai kreatifitas untuk tetap bertahan dalam penjara terbesar di dunia ini akibat blokade Israel. (L/KJ/P015/IR)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0