Pemerintah Suriah Marah Turki Kirim Konvoi Militer ke Khan Shaykhun

Damaskus, MINA – Pemerintah Damaskus pada Senin mengutuk pengerahan konvoi ke arah , sebuah kota penting di barat laut Suriah tempat pasukan pemerintah melancarkan pertempuran sengit melawan milisi Hayat Tahrir Al-Sham.

“Kendaraan Turki sarat dengan amunisi … sedang menuju Khan Shaykhun untuk membantu para teroris … yang menegaskan sekali lagi dukungan yang diberikan oleh rezim Turki kepada kelompok-kelompok teroris,” kata sumber Kementerian Luar Negeri Suriah yang dikutip oleh kantor berita nasional SANA, demikian Nahar Net melaporkan.

Organisasi pemantau perang Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) melaporkan, serangan udara Suriah dan Rusia dilakukan yang bertujuan menghambat kemajuan konvoi tersebut melalui provinsi Idlib.

Wilayah Idlib seharusnya dilindungi dari serangan besar-besaran pasukan pemerintah dengan kesepakatan zona penyangga yang ditandatangani antara Rusia dan Turki yang pendukung oposisi pada bulan September.

Namun itu tidak pernah sepenuhnya dilaksanakan, karena para milisi oposisi menolak untuk mundur dari zona demiliterisasi yang direncanakan.

Pada Ahad, pasukan pro pemerintah memasuki Khan Shaykhun di provinsi Idlib untuk pertama kalinya sejak mereka kehilangan kendali pada 2014. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.