Pemerintah Swiss: Pencarian Putra Ridwan Kamil Jadi Prioritas Utama

Foto: KBRI Bern

Bern, MINA – Kepala Protokol Kementerian Luar Negeri (Kemlu) , Beatrice Schaer, menyatakan dukungan penuh pemerintah atas upaya pencarian putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz dan menjadi prioritas utama.

Schaer pun memastikan Kemlu Swiss sudah berkomunikasi erat dengan Kepolisian Kota Bern dan memantau proses perkembangan pencarian Eril, sapaan Emmeril, putra Gubernur Jawa Barat.

Pencarian Eril, di sungai Aare, kota Bern hingga Kamis (2/6) dilanjutkan dengan mengerahkan patroli darat, patroli perahu, dan penerbangan drone.

Menurut keterangan pers Kedutaan Besar RI Bern, penyelam tidak dapat dikerahkan karena pertimbangan derasnya arus Sungai Aare.

“Fokus pencarian hari ini adalah di area Marzili hingga pintu air Engehalde, serta patroli di area antara
Schwellenmaetelli hingga Wohlensee,” tulis pernyataan Kedubes RI Bern.

Upaya pencarian intensif terus dilanjutkan pada hari ini, Jumat (3/6) dengan tambahan dukungan anjing pelacak.

Sementara itu, hingga Rabu petang (1/6), Ayahanda Eril, Ridwan Kamil kembali menyempatkan untuk menyusuri tepian sungai Aare untuk memeriksa tempat-tempat yang potensial dalam proses pencarian Eril hingga ke beberapa rute perjalanan baik darat maupun perairan yang dapat ditempuh secara aman.

Ridwan Kamil dan keluarga kembali ke Indonesia, Kamis sore (2/6) untuk menjalankan tugas sebagai Gubernur Jawa Barat. Pemantauan upaya pencarian, koordinasi dengan , dan komunikasi dengan otoritas Swiss akan terus dilanjutkan oleh Paman Eril, Elpi Nazmuzaman beserta wakil keluarga yang telah tiba di Bern. (R/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)