Pemkab Purwakarta Canangkan Pelajaran Kitab Kuning di Sekolah-Sekolah

 

Santri-santri sedang belajar Tahfidz Al-Quran di Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah Cirende, . (Dok Niy/MINA)

Purwakarta, 26 Rajab 1438/23 April 2017 (MINA) – Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, saat ini sedang mencanangkan program pelajaran Kitab Kuning (kitab berbahasa Arab tanpa harakat) di sekolah-sekolah di wilayah Purwakarta.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purwakarta Drs.H. Padil Karsoma, mewakili Bupati Purwakarta, dalam sambutan pada “Taklim dan Silaturahim Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Shuffah Hizbullah Cirende” di Masjid Agung Baing Yusuf Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Ahad (23/4).

Sekda Purwakarta menjelaskan, pelajaran Kitab Kuning itu dicanangkan di sekolah-sekolah jenjang SD, SMP dan SMA di wilayahnya.

“Ini bagian dari pendidikan Agama, dan ini sangat penting bagi siswa-siswa,” ujarnya.

Untuk mendukung itu, maka bulan ini Bupati Purwakarta melaksanakan Musabaqah Baca Kitab Kuning tingkat Kabupaten.

Untuk itu, Pemkab Purwakarta sangat mendukung Program Pembelajaran Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah Cirende dalam mencetak generasi Tahfidz Al-Quran dan ahli Kitab Kuning.

Ustaz , Pimpinan Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Cirende, Purwakarta, dalam tausiyahnya mengatakan, keberadaan pesantrennya adalah untuk menumbuhkan kecintaan umat Islam pada Al-Quran.

“Umat Islam terutama generasi anak-anak dan remaja diharapkan terdorong untuk membaca, mempelajari, menghafal, memperdalam kandungan dan mengamalkan Al-Quran dalam kehidupan,” ujarnya.

Dengan ruh Al-Quran itulah maka umat Islam bersatu dan tidak mudah dipecah-belah. Dengan Al-Quran pula akan tumbuh rasa kasih sayang antar kaum Muslimin, imbuhnya.

Sasaran jauh ke depannya adalah mencetak kader-kader mujahid yang siap berkontribusi dalam rangka pembebasan Masjid Al-Aqsha dari belenggu penjajahan.

Untuk itu, Ustaz Abu Hanafi berharap kaderisasi di pesantren dapat didukung semua pihak dan seluruh kaum Muslimin.

Tampil sebagai pembicara lain, Duta Al-Quds Ali Farkhan Tsani yang menegaskan pentingnya terus menggelorakan jihad dalam upaya pembebasan Masjid Al-Aqsha.

Upaya itu harus didukung oleh keluarga Muslim, yang terdiri dari ayah, ibu dan anak-anak yang semuanya mencintai dan mengamalkan Al-Quran, lanjutnya. (L/RS2/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)