Pemprov DKI Bangun Drainase Vertikal Minimalisir Banjir

Jakarta, MINA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkolaborasi dengan semua pihak, termasuk masyarakat umum di Jakarta, membuat , baik di gedung perkantoran, fasilitas umum, maupun di lingkungan rumah warga, sebagai salah satu upaya meminimalisir di Ibu Kota.

Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Energi Provinsi DKI Jakarta, Ricki M. Mulia mengatakan, drainase vertikal merupakan upaya mengelola air hujan dengan cara ditampung dan diresapkan ke dalam tanah secara alamiah sehingga tidak dilimpaskan ke laut begitu saja.

Tak hanya untuk mengatasi banjir, drainase vertikal juga menjadi solusi kekeringan saat musim kemarau, lantaran air hujan yang ditampung tersebut dapat menjadi cadangan air,” kata Ricki dalam kegiatan Media Update, di Balaikota Jakarta, Selasa (10/12).

Menurut dia, hal itu sebagai salah satu bentuk meminimalkan terjadinya genangan di permukaan. Jika dibangun dengan tepat dan dikolaborasikan dengan naturalisasi dan konsep-konsep lainnya, konsep tersebut diharapkan bias mencapai tujuan, yaitu genangan dapat diminimalkan.

“Ini juga bentuk recharge pemasukan air ke tanah, sehingga ini akan menghambat penurunan muka tanah di Jakarta. Tahun depan tetap pembangunan sumur resapan akan dikerjakan oleh organisasi perangkat daerah DKI Jakarta yang punya tanggung jawab masing-masing,” ujarnya.

Ricki menjelaskan, pembangunan drainase vertikal akan terus ditambah tahun depan oleh Pemprov DKI Jakarta. Sehingga perlu adanya kolaborasi berlanjut dengan warga dalam menambah titik drainase vertikal.

“Misalnya, Dinas Perindustrian dan Energi tahun depan untuk urusan geologi air tanah bergabung dengan SDA. Sudah kami anggarkan. Bina Marga juga, Dinas Pendidikan juga, (dan lainnya). Jadi, semua pihak terkait bekerja samam,” katanya.

Ia menegaskan, hal itu tidak akan terwujud kalau hanya dilakukan oleh Pemprov DKI, sehingga harus ada kolaborasi dari semua pihak. Ia berharap ada peran masyarakat bersama-sama secara sadar, agar membangun juga sumur resapan di tempat-tempat yang memang dapat mereka bangun. (R/R06/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.