Pemprov DKI Jakarta Kirim Bantuan Logistik Bantu Penanganan Gempa Cianjur

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengirimkan bantuan logistik dan personel gabungan untuk membantu penanganan bencana gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. (PPID DKI Jakarta).

Jakarta, MINA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengirimkan bantuan logistik dan personel gabungan untuk membantu penanganan bencana gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta mengkolaborasikan Satgas Tanggap Darurat Penanganan Gempa Bumi dengan menerjunkan personel gabungan sebanyak 154 orang.

Personel gabungan ini terdiri dari BPBD, Badan Pengelolaan Aset Daerah (BPAD), Satpol PP, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Disgulkarmat), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik), Biro Kerja Sama Daerah, dan BAZNAS (Bazis) DKI Jakarta.

“Misi kemanusiaan ini sesuai dengan arahan Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, untuk membantu meringankan penderitaan yang dirasakan oleh warga masyarakat Cianjur dan wujud kepedulian Pemprov DKI Jakarta terhadap daerah lain yang tertimpa musibah,” kata Kepala Pelaksana BPBD DKI, Isnawa Adji, Selasa (22/11).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD DKI, Sabdo Kurnianto menambahkan, dalam misi kemanusiaan ini akan membawa kendaraan operasional pendukung untuk penanganan gempa bumi, yakni mobil truk (12 unit), mobil ambulans (3 unit), mobil double cabin (2 unit), bus (2 unit), dan motor trail (2 unit).

“Setelah mendapatkan informasi gempa bumi ini, kami langsung berkoordinasi dengan Pemkab Cianjur dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menanyakan kondisi di lapangan, serta kebutuhan yang diperlukan untuk kami serahkan kepada Kabupaten Cianjur,” kata Sabdo usai melepas keberangkatan tim di Kantor BPBD, Jakarta Pusat, pada Selasa (22/11) siang.

Sabdo yang juga selaku Komandan Satgas Tanggap Darurat menuturkan, BPBD DKI akan menyerahkan bantuan logistik berupa 31 item barang yang bernilai Rp2,1 miliar untuk membantu penanganan gempa bumi.

Logistik yang diberikan berupa makanan siap saji, air mineral, tenda pengungsi, velbed, kasur lipat, guling, bantal, selimut, terpal, matras, ember, gayung, kipas angin, masker medis, hygiene kit, sarung, mukenah, tali tambang goni, karung, sekop, cangkul, cangkrang, paket perlengkapan keluarga, paket perlengkapan balita, dan paket sandang.

“Pemprov DKI bergerak cepat untuk membantu penanganan musibah gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur sebagai wujud kepedulian dan solidaritas terhadap sesama anak bangsa yang membutuhkan bantuan,” ujar Sabdo.

Sabdo menjelaskan, personel gabungan yang diberangkatkan terdiri dari tim medis yang akan memberikan bantuan kesehatan yang diperlukan masyarakat, tim dapur umum yang akan memberikan bantuan makanan bagi para penyintas, tim yang akan membenahi rumah-rumah warga yang rusak akibat gempa, dan tim yang akan memberikan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) kepada para penyintas bencana.

“Kami berharap bantuan yang diberikan bagi masyarakat Kabupaten Cianjur dapat bermanfaat dan mendukung pemulihan kondisi agar dapat kembali normal seperti sediakala,” imbuhnya.

Diketahui peristiwa gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 terjadi di 10 km barat daya Cianjur, pada Senin (21/11) pukul 13.21 WIB, dengan episenter gempa terjadi di darat pada kedalaman 10 km.(R/R7/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.