Pemprov DKI Raih Penghargaan dari Badan Informasi Geospasial

Jakarta, MINA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI meraih (medali emas) atas Simpul Jaringan Terbaik Tingkat Pemprov dari , Selasa (11/12).

Penganugerahan Bhumandala Award itu diberikan kepada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang telah mengembangkan Geoportal serta Simpul Jaringan dengan Kinerja Terbaik sehingga dapat dengan optimal mendukung kegiatan data sharing Kebijakan Satu Peta.

Pemprov DKI dinilai telah berhasil membangun simpul jaringan informasi dengan baik dan aktif. Simpul Jaringan Informasi Geospasial Provinsi DKI Jakarta telah mengikuti sistemreferensi geospasial nasional.

“Alhamdulillah, sejak kami luncurkan Program Jakarta Satu pada 17 Januari 2018, kini Pemprov DKI memiliki data yang akurat mengenai seluruh data kependudukan, wajib pajak,retribusi, termasuk penggunaan air bersih oleh warga,” tulis Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta dalam akun instagramnya.

Menurutnya, Program Jakarta Satu, Satu Peta Satu Data Satu Kebijakan ini dapat menyinkronkan kegiatan antar unit di internal Pemprov, DKI, serta mempercepat pengambilan kebijakan berdasarkan data yang akurat, kredibel, dan terintegrasi sehingga keputusan benar-benar tepat sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Dan yang lebih penting adalah masyarakat juga bisa ikut mengawasi kinerja pemerintahan. Pengawasan tidak hanya berasal dari dalam melalui inspektorat, tapi juga berasal dari eksternal elemen masyarakat. Keterbukaan informasi dan data ini penting agar membantu mencegah praktik-praktik yang mengarah kepada tindakan koruptif,” ujarnya.

Melalui Jakarta Satu, Provinsi DKI Jakarta telah memiliki peta dasar tunggal dalam pelaksanaan kegiatan di lingkup Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan dapat diakses publik melalui alamat jakartasatu.jakarta.go.id yang tertuang dalam Instruksi Gubernur Nomor 107 Tahun 2018 Tentang Pemanfaatan Peta Dasar Tunggal Provinsi DKI Jakarta. (L/Ais/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Rendi Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.