Pemprov Jateng Akan Bantu Perbaikan Rumah Korban Banjir Brebes

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo didampingi Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin meninjau lokasi banjir di Brebes (Foto: Humas Pemprov)

, MINA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah () akan membantu perbaikan rumah warga korban bencana bandang yang terjadi Rabu (4/1) lalu akibat luapan Sungai Cibiyuk di Kabupaten Brebes.

Hal itu disampaikan Gubernur Jateng Pranowo saat mengecek penanganan dampak banjir di Desa Jatibarang Kidul dan Desa Kemiriamba, Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes, Senin (9/1).

pada kesempatan kunjungan itu, Ganjar juga meninjau rumah-rumah warga yang roboh diterjang banjir sekaligus melihat kondisi sungai yang sangat dekat dengan pemukiman warga yang belum ditanggul.

“Saya minta Dinas Pusdataru untuk segera turun dan memperbaiki tanggul, karena itu kurang tinggi. Kalau tanggul diperbaiki maka wilayah kampung ini bisa aman. Selain itu, saya minta juga penghijauan di wilayah hulu digiatkan lagi,” kata Ganjar.

Menurutnya berdasarkan laporan kepala desa tercatat ada 30 rumah warga yang rusak akibat banjir bandang itu.

“Akan kami perbaiki, yang rusak ringan dan sedang akan dibantu dari Kabupaten Brebes, nanti yang rusak berat akan kami bantu dari Pemprov Jateng, tinggal nanti didata dan diusulkan,” ujarnya.

Selain itu, kepala desa diminta untuk mendata anak-anak yang kehilangan peralatan sekolah seperti seragam, buku, sepatu yang hanyut atau rusak karena banjir.

“Saya minta didata berapa anak sekolah yang kehilangan peralatannya, tadi saya lihat ada yang gak sekolah karena nggak punya seragam. Dan yang paling penting saya minta ke kades agar memastikan suplai logistik tidak boleh kurang,” tegas Ganjar.

Ganjar juga mengecek talud sungai di Desa Kemiriamba yang jebol dan telah dibuat tanggul sementara menggunakan karung berisi pasir.

“Tolong anggaran perbaikan tanggul segera diajukan dan dibangun permanen agar warga sekitar aman,” pungkasnya. (L/B04/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.