Pemrov Jabar Luncurkan Proyek Pembangunan Masjid di Gaza

Jakarta, MINA – Pemerintah Provinsi Jawa Barat () meluncurkan proyek pendirian di Jalur , Palestina dengan dana senilai Rp20 miliar.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga desainer Masjid Syeikh Ajlin menyampaikan suatu kehormatan bagi daerahnya diajak ikut peduli pada Palestina.

“Sudah menjadi kewajiban setiap Muslim harus peduli pada saudaranya, khususnya rakyat Palestina yang hingga kini belum merdeka,” kata Ridwan Kamil dalam peluncuran proyek masjid Gaza di Bandung, Ahad (27/1).

Ridwan mengaku mendapatkan tantangan sendiri dalam mendesain Masjid Syeikh Ajlin, sebab ada ekspektasi dari penduduk sekitar soal masuknya nilai-nilai historis masjid.

Menurutnya, beberapa keunikan dari Masjid Syeikh Ajlin di Jalur Gaza Palestina ini selain tetap menampilkan nuansa Islami dan kearifan lokal, juga dimasukkan unsur seni Jawa Barat.

“Untuk dindingnya ada relief Asmaul Husna, lalu dekorasi interiornya akan bernuansa khas Jawa Barat,” ujarnya.

Terkait pembangunan Masjid tersebut, Pemprov Jabar akan bekerja sama dengan lembaga kemanusiaan Aman Palestina dan Yayasan Wakaf Salman Institut Teknologi Bandung (ITB), dan sejumlah lembaga lainnya dalam pembangunan masjid ini.

Kepala Riset dan Pengembangan Aman Palestina, Ridwan Kamal mengatakan target pengumpulan dana ini rampung pada Agustus 2019.

Kamal menyampaikan proses pembangunan ditargetkan selesai pada akhir Desember 2019.

“Kita memohon doanya agar pembangunan berjalan lancar,” ujarnya.

Pemerintah terus mendukung kemerdekaan Palestina. Indonesia juga berupaya memberikan bantuan dalam rangka meningkatkan kemakmuran bagi warga Palestina. (R/R10/R01)

 

 Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.