PEMUDA DAN MAHASISWA BREBES GELAR AKSI DUKUNG PALESTINA

Aksi solidaritas mendukung rakyat Gaza dan mengecam Israel di Bumiayu, Brebes. (Foto: Zaenal/MINA)
Aksi solidaritas mendukung rakyat dan mengecam di Bumiayu, . (Foto: Zaenal/MINA)

Brebes, 15 1435/13 Juli 2014 (MINA) – Puluhan pemuda dan mahasiswa di Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Ahad sore menggelar aksi solidaritas mendukung rakyat Gaza yang mengalami penderitaan akibat agresi militer Zionis Israel.

Mereka mengusung spanduk mendukung perjuangan Palestina dan beberapa poster bertuliskan kecaman pada Zionis Israel yang telah melakukan kejahatan terhadap warga sipil tidak berdosa di .

Aksi solidaritas juga dibarengi aksi teatrikal yang menggambarkan kekejaman tentara Zionis Israel terhadap rakyat Palestina. Peserta aksi juga sempat melakukan pembakaran karton bergambar bendera Israel, sebagai bentuk protes.

Aksi solidaritas dilakukan dengan jalan kaki di sepanjang jalan Diponegoro, jalan utama kota kecamatan, sehingga mengundang perhatian dari pengguna jalan yang cukup padat.

Koordinator aksi, Gagah Aditya mengatakan, aksi solidaritas dilakukan sebagai wujud keprihatinan atas rakyat Gaza Palestina.

“Kami peduli dengan Palestina, mereka adalah saudara-saudara kita dan kita harus membantu mereka dari kebiadaban Israel,” katanya.

Menurutnya, bangsa Palestina harus segera merdeka dari penjajahan Israel. Bangsa harus membantu Palestina untuk mendapatkan kemerdekaan sesuai yang diamanatkan dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

“Israel itu penjajah, Palestina harus dibantu untuk merdeka,” kata Gagah.

Serangan Israel ke Gaza mengakibatkan puluhan orang meregang nyawa dan ratusan korban terluka. Rumah-rumah luluh lantah. Anak-anak dan perempuan pun menjadi korban.

“Tapi mereka tidak pernah menyerah. Mereka tetap memperjuangkan Masjid Al-Aqsha dan Palestina merdeka,” kata Gagah.

Peserta aksi terdiri dari para pemuda, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Islam Bumiayu dan lainnya.

Selain aksi solidaritas dan dukungan juga dilakukan penggalangan dana untuk membantu rakyat Gaza. Penggalangan dana mendapat sambutan positif, itu terlihat banyaknya masyarakat terutama pengguna jalan dengan suka rela mengeluarkan sebagian uangnya dengan memasukkan ke dalam kotak karton yang disediakan. (L/P07/P02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0