Pemukim Israel Lakukan Ritual Talmud di Al-Khalil

photo: PIC
photo: PIC

Al-Khalil, 8 Rabi’ul Akhir 1437/18 Januari 2016 (MINA) – Pasukan Pendududkan Israel pada Senin (18/1) pagi menutup pintu Beit Einoon bagi penduduk Palestina di utara kota Al Khalil guna mengamankan para pemukim Yahudi Israel dalam melaksanakan di daerah tersebut.

“Pasukan pendudukan Israel ( IOF ) menutup jalan bypass di kedua arah untuk memberikan perlindungan bagi puluhan pemukim di dekat pintu masuk ke kota Sa’ir,” kata saksi mata.

Sumber menambahkan, lalu lintas juga  diblokir dari dua arah. Demikian PIC memberitakannya yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Ritual ini seperti yang sering mereka laksanakan di bagian barat Masjid Al-Aqsha yang Yahudi Israel sering menyebutnya dengan tembok ratapan yang mereka yakini sebagai bagian dari kuil Yahudi yang dihancurkan oleh Kaisar Titus, padahal tidak ada lagi bebatuan yang tersusun di sana berdasar perkataan Nabi Isa bin Maryam.

Dahulunya tempat itu adalah gang sempit yang ditempati 135 rumah Muslimin palestina. Pada 1967 pasukan Israel merampas wilayah tersebut dan menyita kunci gerbang barat (Maghribah) kemudian menggusur paksa rumah di sana lalu diganti dengan tempat ibadah Yahudi saat ini.

Tidak sampai di situ, Yahudi Israel juga menggali terowongan di bawah masjid yang diperkuat rangkaian baja dan berbagai fasilitas pendukung, termasuk penerangan dan AC dengan dalih mencari bekas-bekas kuil mereka. yang dimulai dari daerah Silwan Selatan Masjid Al-Aqsa sampai ke utara Masjid Al-Aqsha.

Pada 2016, Yaudi Israel juga menggali terowongan di seberang Gerbang Barat. Kini galian tersebut makin dalam hampir tembus ke bawah bagian tengah Masjid Al-Aqsha. (T/Rzk/P001)

Miraj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.