Pemukim Yahudi Serang Konvoi Menteri Palestina di Tepi Barat

Ramallah, MINA –  pada Kamis (3/1) menyerang konvoi yang membawa Menteri Urusan Agama Palestina Yousef Adis di dekat kota Salfit, Tepi Barat, menurut sumber-sumber lokal.

“Para pemukim menyerang konvoi dengan batu. Satu mobil rusak, meskipun tidak ada korban yang dilaporkan,” kata seorang sumber.

Sebelumnya, pemerintah Palestina mengatakan konvoi yang membawa Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah mengalami serangan serupa di dekat Nablus pada pekan lalu, seperti dikutip dari AA.

“Konvoi Perdana Menteri diserang oleh sekelompok pemukim Yahudi yang melempari batu di dekat pos pemeriksaan Zatara,” tulis pernyataan tersebut.

Sementara itu, Utusan PBB untuk Timur Tengah Nickolay Mladenov mengutuk serangan terhadap konvoi Hamdallah.

“Insiden ini sangat mengkhawatirkan. Ini benar-benar tidak dapat diterima dan pelakunya harus dibawa ke pengadilan,” kata Mladenov.

Menurut laporan Israel, serangan anti-Palestina oleh pemukim Yahudi di Tepi Barat – termasuk Yerusalem Timur – naik 60 persen tahun lalu dibandingkan dengan 2017.

Menurut laporan Palestina, lebih dari 650.000 pemukim Yahudi sekarang tinggal di 196 permukiman yang dibangun dengan persetujuan pemerintah Israel dan lebih dari 200 pos pemukim dibangun di Tepi Barat.(T/RS3/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Bahron Ansori

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.