Pendidikan Indonesia Fokus Peningkatan Daya Saing Internasional

(Foto: Infopublik)

Jakarta, MINA – Deputi Koordinasi dan Agama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko-PMK), Agus sartono mengatakan pemerintah Indonesia saat ini menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas hidup dan daya saing manusia Indonesia di pasar internasional. Salah satu yang tengah digenjot pemerintah adalah peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan melalui Program Indonesia Pintar (PIP).

“Pentingnya meningkatkan pemerataan layanan pendidikan, pendidikan mutu, relevansi, dan daya saing serta penguatan tata kelola pendidikan dan kebudayaan,” ujar Agus dalam laman Infopublik yang dikutip MINA, Kamis (31/8).

Agus melanjutkan, Tahun 2005-2009 pendidikan Indonesia fokus pada peningkatan kapasitas dan modernisasi. Sedangkan di 2010-2014 pembangunan pendidikan Indonesia terfokus pada penguatan pelayanan,mdi 2015-2019 pendidikan Indonesia terfokus pada daya saing regional dan tahun 2020-2024 akan difokuskan pada daya saing internasional.

Menurutnya, pemerintah juga telah membuat kebijakan di antaranya memperluas pendidikan menengah universal, meningkatkan pelatihan-pelatihan angkatan kerja dan relevansi pendidikan dengan dasar kerja, meningkatkan kewirausahaan, dan pendidikan karakter pemuda.

“Selain itu, melakukan pengalaman dan pendidikan tenaga kerja. Kami berharap adanya penguatan penyelenggaraan sistem pendidikan nasional antara guru, kurikulum, murid/orang tua, masyarakat, sekolah, dan pemerintah dapat membentuk karakter guna membangun pendidikan di Indonesia,” pungkas Agus. (R/R09/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.