Penduduk Jalur Gaza Capai Dua Juta Jiwa

, 11 Muharram 1438/12 October 2016 (MINA) – Penduduk Jalur Gaza, Palestina yang diblokade oleh Israel kini telah melampaui dua juta jiwa. Hal itu diumumkan oleh Kementerian Dalam Negeri dalam pemerintahan Hamas di Gaza pada Rabu (12/10), demikian Anadolu Agency memberitakannya yang dikutip MINA.

Dalam sebuah pernyataan, Direktorat Jenderal Kementerian Urusan Sipil mengatakan, total penduduk daerah kantong itu telah melampaui dua juta setelah kelahiran dua bayi pada Selasa malam.

Menurut Direktorat, 4.983 bayi dilahirkan di seluruh Gaza pada tingkat sekitar 166 per hari untuk di bulan September saja.

Daerah seluas 360 kilometer persegi itu dianggap sebagai salah satu daerah yang paling padat penduduknya di dunia, karena setiap kilometer persegi menampung rata-rata 4.661 orang, menurut laporan Januari yang dirilis oleh Biro Pusat Statistik Palestina.

Sejak tahun 2007, daerah kantong pantai itu telah menderita di bawah blokade Israel dan Mesir yang melumpuhkan, merampas sebagian besar kebutuhan pokok penduduknya, termasuk makanan, bahan bakar, obat-obatan dan bahan konstruksi yang sangat dibutuhkan.

Menurut laporan Bank Dunia 2015, blokade selama hampir satu dekade itu telah memotong produk domestik bruto Gaza dan menyebabkannya menjadi salah satu pemilik tingkat pengangguran tertinggi di dunia. (T/P001/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)