PENDUKUNG FATAH RAYAKAN HARI JADI KE-48 DI GAZA

pendukung-fatah

City, 23 Shafar 1434/5 Januari 2013 (Ma’an/MINA) – Ratuspendukung-fatahan ribu pendukung berkumpul di Kota Gaza pada hari Jumat untuk merayakan hari jadi ke-48 pendirian gerakan nasionalis itu. Pendukung Fatah telah berkumpul di lapangan Al-Saraya, Gaza City sejak Kamis malam dalam rangka persiapan untuk perayaan hari jadi Fatah, sepanjang Jalur Gaza tadi malam hingga Jumat dini hari.

Atef Abu Saif, seorang pemimpin Fatah di Gaza, mengatakan bahwa pendukung aksi dari daerah selatan Gaza melakukan perjalanan ke Gaza City pada tengah hari untuk bergabung menuju tempat perayaan. Pemimpin senior Fatah, Jamal Obeid, mengatakan bahwa hampir satu juta orang, baik Fatah dan non-Fatah berkumpul di lapangan Al-Saraya untuk bergabung pada hari jadi Fatah.

“Dengan perayaan ini berarti mengakhiri perpecahan Fatah-Hamas, dan upaya mempererat rekonsiliasi nasional,” ujar Obeid. Menurut Obeid, Fatah akan melanjutkan perjuangan untuk kebebasan dan kemerdekaan , serta akan menyerahkan hak Jerusalem sebagai ibukota rakyat Palestina, katanya. Obeid mengatakan, pemukiman Yahudi yang berdiri dia atas lahan rakyat Palestina harus dibongkar, dan haknya dikembalikan kepda pengungsi Palestina. Israel harus menarik diri dari tanah Palestina yang diduduki, tambahnya.

Tokoh senior Fatah seperti Jibril Al-Rajoub, Osama al-Qawasmeh, Abu Ali Shaheen dan Fadwa Barghouti juga ikut serta ambil bagian dalam perayaan. Sementara itu dari pemerintah Gaza, Kementrian Dalam Negeri Gaza menerangkan bahwa pasukan keamanan bersiaga di tempat untuk menjamin keamanan para pejabat Palestina dan publik. Mereka juga akan memfasilitasi orang-orang dan lalu lintas di Kota Gaza. “Keberhasilan acara ini adalah keberhasilan bagi Fatah, dan juga bagi Hamas,” kata juru bicara Hamas Sami Abu Zuhri.

Menurut Abu Zuhri, suasana kondusif seperti ini merupakan langkah dalam menjalin kembali persatuan nasional.   Ini untuk pertama kalinya Hamas sejak memimpin tahun 2007 di Jalur Gaza, mengizinkan Fatah untuk mengadakan acara hari ulang tahun. Sebelumnya, Fatah untuk pertama kalinya juga mengizinkan Hamas merayakan hari jadinya di Tepi Barat. Kedua hal tersebut semakin meningkatkan harapan perbaikian hubungan antara faksi Hamas dengan Fatah. (T/R-009/R-005).

 

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0