Penembak Jitu Sanaa Bunuh Tiga Komandan Houthi Yaman

Ilustrasi: . (Foto: Supplied)

Sanaa, MINA – Seorang yang dikenal bernama “Penembak Jitu Sanaa” dilaporkan telah membunuh tiga komandan pemberontak Houthi di ibu kota Yaman.

Sumber dan media di Sanaa mengatakan bahwa penembak jitu yang identitasnya misteri itu telah menyebarkan ketakutan di antara jajaran milisi Houthi. Demikian Al Arabiya memberitakannya yang dikutip MINA.

Sejauh ini Penembak Jitu Sanaa telah membunuh tiga komandan Houthi terkemuka yang diidentifikasi bernama Yahya Hussein Al-Houthi, Mohammed Daghsan dan Mohammed Al-Sayaghi.

Banyak komandan Houthi yang sekarang memilih bersembunyi dan tidak lagi berkeliaran di jalanan Sanaa, karena takut menjadi target berikutnya.

Beberapa aktivis menduga bahwa penembak jitu tersebut adalah anggota Garda Partai Republik yang mendukung mendiang Presiden Ali Abdullah Saleh. Penargetan komandan Houthi sebagai balasan atas serentetan penculikan dan eksekusi yang dilakukan terhadap para pendukung Saleh.

Aktivis lain mengatakan, komandan yang dibunuh adalah anggota yang sudah tidak diakui oleh Houthi, karena mereka berusaha bersaing untuk merebut kekuasaan di Sanaa.

Diduga pula bahwa Penembak Jitu Sanaa adalah narasi yang dibuat Houthi sendiri untuk membenarkan penggerebekan mereka di rumah-rumah penduduk Sanaa. (T/RI-1/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)